10 Tips Agar Besi Tidak Berkarat

Cara agar besi tidak berkarat perlu dipahami tiap toko besi maupun Anda yang memiliki banyak furnitur besi. Besi merupakan salah satu material yang berguna dalam berbagai bidang di kehidupan sehari-hari.

Dari yang terkecil seperti bahan dasar peralatan masak sampai yang terbesar seperti penggunaannya dalam alat berat. Tentu, agar peralatan besi ini tidak mudah berkarat, Anda perlu tahu bagaimana cara agar besi tidak berkarat. Berikut beberapa cara agar besi tidak berkarat:

10 Cara Agar Besi Tidak Berkarat

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu kelemahan besi adalah cepat berkarat jika dibiarkan lama kelamaan. Karat atau korosi pada besi secara perlahan akan merusak kekuatan dari besi itu sendiri sehingga diperlukan sebuah cara agar besi tidak mudah berkarat.

Tentu saja dalam hal ini terkait dengan perawatan pada besi yang benar-benar harus diperhatikan dengan baik. Lalu bagaimana cara agar besi tidak berkarat? Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Perhatikan Suhu Penyimpanan

Ini berlaku baik untuk besi yang utuh dalam toko bangunan mau pun peralatan yang menggunakan besi sebagai bahan dasarnya. Modifikasi lingkungan yang bisa dilakukan untuk merawat besi, antara lain:

  • Taruh besi di dalam ruangan yang memiliki sedikit kadar oksigen sehingga kelembapan udaranya tinggi. Kelembapan yang tinggi akan membuat proses oksidasi atau pengkaratan besi melambat dibanding area yang tidak lembap.
  • Taruh besi atau peralatan berbahan besi di tempat yang terpapar AC. Ini akan mencegah terjadinya korosi pada besi.
  • Sebaliknya, jangan taruh besi di bawah suhu yang panas atau langsung terpapar matahari karena bisa mempercepat proses korosi.
  1. Lapisi Besi dengan Senyawa Logam

Tips kedua untuk merawat besi supaya tidak mudah karatan adalah dengan melapisinya. Pelapisan ini bisa dilakukan dengan senyawa logam mau pun non logam. Senyawa logam yang bisa digunakan untuk melapisi besi dan melindunginya, antara lain:

  • Nikel
  • Emas
  • Timah
  • Platina
  • Tembaga
  1. Lapisi Besi dengan Senyawa Non Logam

Hal ini daat dilakukan pada furnitur rumah yang terbuat dari besi. Salah satunya yaitu dengan menggunakan cat yang di dalamnya terkandung pelapis antikarat. Ini membantu besi pagar terhindar dari terjadinya karat dan membuat besi menjadi awet. Hal Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengubah warna besi pagar tersebut sesuai kreasi yang diinginkan.

Senyawa non logam lainnya yang dapat digunakan untuk melapisi besi:

  • Kaca
  • Plastik
  • Pelumas seperti oli dan gemuk
  1. Mencampur dengan Unsur Lain

Ini juga merupakan cara merawat besi yang lazim dilakukan utamanya dalam industri kimia dan makanan. Besi yang dicampur dengan unsur lain akan mengalami perlambatan proses korosi. Contoh besi campuran yang paling gampang ditemukan adalah stainless steel.

Stainless steel merupakan campuran antara besi dengan 12 persen kromium serta karbon dalam jumlah sedikit. Inilah mengapa besi stainless steel lebih tahan karat dibanding besi murni, dan sering digunakan dalam industri makanan seperti pada alat masak. Besi jenis ini juga dinilai lebih sehat.

  1. Memanfaatkan Proteksi Katodik

Cara ini biasa digunakan pada besi yang berada di tingkat salinitas yang tinggi atau besi yang berada di bawah permukaan tanah. Caranya, besi akan dihubungkan dengan magnesium atau zinc. Kedua bahan ini jika disatukan dengan besi, akan membuat besi anti oksidasi dalam kurun waktu yang lama.

Namun, cara yang satu ini memerlukan pengecekan berkala karena perlunya perawatan pada instalasi penyambungan.

  1. Dengan Elektroplating

Elektroplating juga diyakini bisa melindungi besi dari korosi. Caranya dengan melapisi besi dengan logam lain, juga dengan metode elektrolisis.

Contoh yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari terkait metode ini adalah pada kaleng makanan. Besi di kaleng tersebut dilapisi dengan timah sehingga awet sampai bertahun-tahun.

Salah satu metode elektroplating yaitu dengan melakukan Tin Plating atau Tinning. Tinning merupakan salah satu metode pelapisan logam atau besi untuk mencegah karatan dengan melapisinya menggunakan Sn (timah putih)

  1. Menggunakan Proteksi Katodik Galvanisasi

Cara ini dapat digunakan untuk struktur besi yang terpapar atau berada di area dengan kelembaban tinggi dan salinitas tinggi seperti jembatan besi di atas laut, atau pipa besi yang dipendam di dalam tanah. Logam besi yang dilapisi dengan logam Seng/Zinc (Zn) akan lebih sulit untuk mengalami oksidasi. Proses ini biasa juga dikenal sebagai galvanisasi.

  1. Chromium Plating

Di urutan nomor lima, Anda bisa menghindarkan besi dari korosi dengan bantuan bahan krom. Bahan ini sendiri merupakan bahan yang dapat digunakan sebagai pelapis pada barang lain, dengan tujuan untuk melindungi barang tersebut. Adapun sifat perlindungan yang diberikan dengan menggunakan bahan krom ini, sama seperti zink.

  1. Pengorbanan Anoda (Sacrificial Anode)

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan besi dari korosi selanjutnya adalah pengorbanan anode. Cara ini disebut juga dengan sacrificial protection, yakni pelapisan besi dengan menggunakan bahan yang mudah berkarat seperti magnesium. Nah, cara kerjanya adalah dengan memfokuskan pengaratan pada bahan pelapis, sehingga besi yang dilapisi tidak akan berkarat.

Beberapa teknik pelapisan lain, misalnya semprot (spray), sherardizing, aluminizing, dan lainnya.

  1. Chromium Plating

Cara agar besi tidak berkarat bisa juga dengan chromium plating. Krom tidak hanya bisa meningkatkan nilai estetika saja, melainkan juga melindungi dari korosi. Chromium plating merupakan salah satu metode melapisi besi menggunakan bahan krom. Sifat perlindungan dari krom ini hampir sama dengan zink. Namun, cara ini sangat unik dibandingkan lainnya.

Hal ini karena meskipun lapisan krom sudah lepas, namun sifat perlindungan tetap diberikan pada logam tersebut. Dengan demikian, cara ini sangat cocok untuk mencegah korosi pada bumper mobil dan lain-lain.

Nah, itulah ragam cara agar besi tidak berkarat yang dapat Anda terapkan pada besi Anda. Selain itu, pemilihan besi berkualitas juga berperan agar Anda mendapatkan besi yang tidak mudah berkarat dan kropos.