Alasan Wanita Merasa Kehilangan Rasa Cinta

Ketika Anda dan pasangan Anda menjalin hubungan, ada saat-saat ketika Anda merasa jenuh sehingga tidak lagi merasakan cinta. Wanita dapat kehilangan rasa cinta karena berbagai alasan, mulai dari komunikasi yang buruk hingga hubungan Anda menjadi hambar.

Ada banyak masalah yang dapat muncul karena kehilangan cinta pasangan Anda. Anda mungkin berpikir untuk mengakhiri hubungan karena Anda merasa tidak mungkin untuk melanjutkannya karena sifatnya yang hambar. Anda akan bingung antara bertahan atau keluar dari situasi ini.

Setelah jatuh cinta dengan sangat cepat, Anda mungkin mengalami fase ketika Anda merasa cinta Anda hilang tanpa alasan. Anda dapat mencoba mengingat apa yang membuat Anda jatuh cinta. Apakah Anda benar-benar cinta padanya? Atau kamu hanya mencintai fantasimu sehingga Anda akhirnya bosan dan kehilangan cinta itu.

Kehilangan rasa cinta

Menurut para ahli, hilangnya perasaan cinta tetap menjadi misteri. Anda mungkin tiba-tiba tidak merasakan cinta pada pasangan atau suami Anda yang sudah lama bersama Anda. Karena Anda berada dalam hubungan yang sudah tidak nyaman, Anda pasti akan merasa gelisah saat hal seperti ini terjadi.

Peneliti Harvard George Vaillant dan timnya menemukan bahwa cinta adalah kunci kebahagiaan dalam hidup; yang kedua adalah menemukan cara agar cinta tidak pudar dalam hidup.

Cinta adalah sesuatu yang mungkin, tetapi menemukan dan mempertahankannya dalam hidup Anda adalah tantangan. Cinta pasti memerlukan perjuangan. Terutama dalam kasus di mana Anda dan pasangan Anda memiliki tujuan yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu kehilangan rasa cinta dalam hubungan:

  • Tidak banyak mengobrol tentang hal-hal kecil atau tidak saling bertukar pikiran.
  • Sikap kamu berubah dalam memperlakukan pasangan.
  • Menarik diri dari pasangan dan selalu berusaha menghindarinya.
  • Mengabaikan pasangan dengan tidak peduli apapun tentang kehidupannya.
  • Tidak berdebat meskipun ada masalah, karena kamu tidak ingin membuang energi.

Penyebab kehilangan rasa cinta

Hampir semua pasangan selalu berjuang untuk menjaga cinta dalam hubungannya, tidak sedikit juga yang menyerah dan memilih berpisah. Penyebab kehilangan rasa cinta kepada pasangan bisa beragam, atau bahkan tidak ada penyebabnya sama sekali dan terjadi begitu saja. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, loh.

Jika kamu ingin mengantisipasi dengan menghindari penyebab kehilangan rasa cinta tersebut, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkannya:

  1. Komunikasi yang buruk

Komunikasi menjadi akar dari terciptanya hubungan harmonis, jika akarnya saja sudah buruk maka keseluruhan hubungan akan kacau. Seiring berjalannya waktu, kamu akan semakin merasakan jarak dengan pasanganmu.

  1. Fantasi berlebihan terhadap pasangan

Fantasi atau ekspektasi yang berlebihan terhadap pasangan menjadi salah satu alasan wanita kehilangan rasa cinta. Mungkin kamu selalu mengharapkan pasangan kamu romantis tapi kenyataannya tidak. Kekecewaan tersebut lama kelamaan akan mengubah rasa cintamu.

  1. Membandingkan pasangan dengan orang lain

Membandingkan sesuatu dengan yang lebih baik memang tidak akan ada akhirnya, karena di atas langit masih ada langit. Begitu juga saat membandingkan pasanganmu dengan orang lain, kamu hanya akan merasa terus kekurangan hingga perasaan cinta kamu memudar.

  1. Kesibukan padat sehingga tidak meluangkan waktu

Kesibukan yang padat hingga kurangnya komunikasi akan membuat sebuah hubungan terasa hambar. Tidak heran jika akhirnya perasaan cinta satu sama lain mulai berkurang, bahkan menghilang begitu saja.

Alasan wanita kehilangan rasa cinta

Banyak wanita yang kehilangan rasa cinta karena sikap pasangan yang tidak lagi seromantis dulu. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sikapnya berubah total, sehingga membuat wanita tidak lagi nyaman berada di dekatnya.

Berikut adalah alasan mengapa wanita kehilangan rasa cinta:

Sering disakiti

Wanita yang sudah sering disakiti dengan tidak dihargai, sikap kasar, dan kurang perhatian akan kehilangan rasa cintanya. Apalagi jika wanita sudah sering menangis karena hal tersebut, tidak ada lagi cinta yang harus dipertahankan.

Tidak lagi diutamakan

Banyak wanita yang menerima bahwa mereka tidak menjadi yang pertama atau menjadi prioritas bagi pasangannya. Hal ini bisa membuat wanita merasa sendirian meski punya pasangan. Jika wanita sudah muak karena sikap pasangan yang tidak sadar, maka rasa cintanya pun akan pudar karena tidak merasa dihargai.

Berkurangnya kepercayaan

Landasan dari sebuah hubungan adalah saling percaya, tidak sedikit hubungan yang berakhir karena hal tersebut. Kehilangan kepercayaan akan beriringan dengan kehilangan rasa cinta.

Tidak cocok

Wanita akan kehilangan rasa cinta jika sudah merasa tidak ada kecocokan dengan pasangannya. Hal ini biasanya terjadi setelah fase jatuh cinta yang menggebu-gebu, perasaan cinta kemudian akan menurun setelah mengetahui sisi lain dari pasangan.

Tips mengatasi rasa hilang cinta

Perasaan cinta yang hilang bukan berarti bahwa kamu harus mengakhirinya. Jika kamu berpikir untuk menghidupkan kembali cinta tersebut, simak beberapa tipsnya berikut ini:

Mundur selangkah dan evaluasi

Cobalah ingat kembali apa yang membuat kamu jatuh cinta sebelumnya, tanyakan kepada diri sendiri apa yang salah dengan hubungan ini. Kamu bisa melakukan evaluasi sendiri sebelum membicarakannya bersama pasangan.

Mengingat hal manis tentang pasangan

Kamu juga bisa mengingat hal apa saja yang telah dilalui bersama pasangan, sifat apa yang kamu sukai darinya. Coba ingat kembali apakah kamu melalui banyak hal baik dan buruk bersama pasangan atau tidak.

Bangun sikap saling menghargai

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi setiap orang akan merasa senang jika dihargai bahkan untuk hal kecil. Misalnya, memuji pasangan karena telah bekerja dengan baik atau karena telah berhasil melewati hari yang padat.

Luangkan waktu untuk berkencan

Cara ini dapat menyalakan kembali api cinta yang padam, kamu bisa flashback ke masa-masa pertama kali bertemu dengan pasangan dan mengulangnya kembali. Tidak perlu kencan yang mahal, yang penting kamu dan pasangan memiliki banyak waktu berdua.

Jika kamu sudah menikah, ingatlah bahwa masalah ini bukan berarti bahwa kamu dan pasangan harus berpisah. Pikirkan tentang apa yang harus kamu pertahankan, ajak pasanganmu berbicara dan mencari solusi bersama untuk situasi ini. Untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri tentu dibutuhkan banyak perjuangan.