Bisakah Odol di Pakai di Wajah ? Simak Penjelasannya !

Pernahkah kamu mendengar manfaat odol untuk wajah? Mungkin hal ini terdengar seperti mitos semata, tapi ternyata ada penjelasan ilmiahnya loh! Kenyataannya, beberapa orang mengandalkan odol atau pasta gigi untuk menyembuhkan beberapa permasalahan di wajah.

Bisakah odol dipakai di wajah?

Menurut ahli perawatan kulit Dr Johanna Ward, mengoleskan sedikit pasta gigi di beberapa spot wajah terutama jerawat ternyata diperbolehkan. Sudah lama diketahui bahwa mengoleskan pasta gigi pada noda wajah akan membantu mengeringkannya dan menghilangkannya.

Pasta gigi bekerja dengan mengeringkan jerawat dan mengurangi kemerahan. Ini dilakukan terutama melalui tindakan anti-inflamasi triclosan dan efek pengeringan baking soda, hidrogen peroksida, dan alkohol.

Odol yang bisa digunakan di wajah

Tidak semua odol akan cocok untuk mengobati masalah di wajah, bagaiaman jika penggunaan odol ini hanya akan memperburuk kondisi kulitmu? Agar terhindar dari kemungkinan buruk ini, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

Memilih odol yang aman

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan saat memilih odol yang aman:

  • Hindari odol gel: Pasta gigi berbasis gel mungkin tidak seefektif mengeringkan dan mengecilkan jerawat.
  • Gunakan odol alami: Carilah pasta gigi alami atau organik yang mengandung bahan bermanfaat seperti witch hazel, minyak pohon teh, lidah buaya, atau kayu putih.
  • Perhatikan bahan pemutih odol: Pasta gigi dengan bahan kimia pemoles atau pemutih beresiko lebih tinggi mengiritasi kulit.

Uji kulit terlebih dahulu

Salah satu alasan pasta gigi dikenal sebagai obat jerawat sementara adalah karena mengandung bahan yang bersifat mengeringkan yaitu baking soda dan hidrogen peroksida. Namun jika kamu memiliki kulit sensitif, bahan-bahan tersebut dapat memperburuk keadaan. Lakukan uji kulit dengan mengoleskannya sedikit di punggung tangan sebelum menggunakannya di wajah.

Cuci muka sebelum mengoleskan odol

Pastikan wajah kamu benar-benar besih sebelum mengoleskan odol pada bagian wajah tertentu atau jerawat. Cukup oleskan tipia saja dan jangan menggosoknya.

Berapa lama membiarkan odol di wajah

Tidak ada aturan khusus mengenai berapa lama membiarkan odol di wajah untuk mengobati jerawat. Menurut Dr Johanna Ward, mengoleskan odol selama 30 menit untuk jerawat membandel tentu boleh boleh saja, asal jangan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan.

Lalu, bolehkan membiarkan odol di wajah semalaman? Dr Ward menjawab, bahwa hal ini bukan solusi yang baik untuk mengobati jerawat kamu. Odol mungkin dapat bekerja maksimal dengan mengeringkan jerawat semalaman, namun tidak untuk dijadikan kebiasaan.

Manfaat odol untuk wajah

Tidak hanya mengobati jerawat, odol ternyata memiliki manfaat lain untuk kulit wajah yang tidak disangka sangka, yaitu:

  1. Menyamarkan garis gelap di mata

Menyingkirkan garis-garis gelap yang mengganggu menjadi lebih mudah dengan pasta gigi. Buat campuran pasta dan air dan oleskan ke garis. Biarkan semalaman dan bersihkan di pagi hari.

  1. Menghilangkan rambut wajah

Gunakan kombinasi pasta gigi, lemon dan garam atau gula dan pijatkan pada kulit dengan cara ke atas untuk menghilangkan bulu wajah. Ini bisa berguna bagi mereka yang tidak suka threading atau waxing wajah mereka.

  1. Mengontrol produksi sebum yang berlebihan

Pasta gigi dapat mengontrol produksi sebum yang berlebihan. Buatlah larutan pasta, air dan garam. Bilas wajah setiap pagi untuk mengatasi kulit yang terlalu berminyak.

  1. Menghilangkan flek hitam

Campurkan satu sendok makan pasta gigi dan 2 tetes jus lemon hingga halus. Oleskan ke wajah selama beberapa menit lalu bersihkan. Kamu dapat melihat hasil yang terlihat hanya dalam dua minggu.

  1. Menghilangkan komedo

Pasta gigi dengan kandungan kristal seperti manik-manik di dalamnya, bisa kamu jadikan sebagai scrub untuk menghilangkan komedo. Kamu bisa menggunakannya untuk area T zone yang cenderung lebih berminyak.

Meski memiliki banyak manfaat untuk wajah, pasta gigi tetap dibuat untuk membersihkan gigi dan memiliki bahan abrasif yang tidak dimaksudkan untuk kulit. Tidak apa-apa untuk digunakan dalam keadaan darurat, tetapi jauh lebih baik menggunakan bahan-bahan yang memang untuk wajah.