Cara Marah Yang Elegan Saat Berhadapan Dengan Banyak Orang

Pernahkah Anda menjadi sangat marah? Semua orang pasti merasakan hal ini, tetapi ada masalah yang lebih serius jika Anda akhirnya melukai orang lain dengan kata-katamu.

Tetapi itu tidak berarti Anda tidak boleh marah sama sekali. Anda boleh tetap marah, tetapi dengan cara yang lebih halus. Bagaimana cara menjadi marah dengan elegan? Baca artikel selanjutnya!

Cara marah yang elegan saat di depan banyak orang

Kalau kamu ingin menjadi wanita yang berkelas dan elegan, saat marah pun juga jangan sampai tidak elegan. Cobalah pelajari cara berikut ini supaya tidak meledak-ledak saat sedang marah.

  1. Berpikir dulu sebelum mengatakan sesuatu

Saat suasana memanas, mudah bagi seseorang untuk mengucapkan sesuatu yang biasanya berujung dengan penyesalan.

Cobalah tenangkan dirimu, ambil waktu beberapa saat untuk berpikir terlebih dahulu sebelum mengucapkan sesuatu. Berikan juga kesempatan pada orang lain yang terlibat dalam situasi yang sama untuk melakukannya.

  1. Setelah tenang, sampaikan kekhawatiranmu

Cara marah yang elegan selanjutnya adalah dengan menyampaikan kekhawatiranmu. Segera setelah kamu bisa berpikir dengan tenang dan jelas, sampaikan rasa frustrasi dengan cara yang tegas tetapi tidak konfrontatif.

Sampaikan kekhawatiran dan apa yang kamu butuhkan secara jelas dan langsung, tanpa menyakiti orang lain atau mencoba mengendalikan mereka.

  1. Beri dirimu waktu istirahat

Berikan dirimu waktu istirahat untuk periode waktu tertentu. Waktu istirahat berarti waktu yang kamu habiskan dengan dirimu sendiri (me time). Beberapa saat waktu istirahat bisa membantumu merasa lebih siap untuk menghadapi apa yang akan terjadi tanpa merasa terganggu atau marah.

  1. Identifikasi solusi yang mungkin bisa dilakukan

Daripada fokus pada apa yang membuatmu marah, fokuslah pada solusi untuk memecahkan masalah yang ada. Selain itu, pahami bahwa beberapa hal mungkin di luar kendalimu karena memang tidak semua hal bisa kita kontrol.

Cobalah bersikap realistis tentang apa yang bisa dan tidak bisa kamu ubah. Ingatkan dirimu bahwa marah tidak akan memperbaiki apa pun dan hanya akan membuat situasi semakin buruk.

  1. Gunakan pernyataan ‘aku’

Cara marah yang elegan selanjutnya adalah dengan berbicara dengan sudut pandang diri. Menyalahkan orang lain mungkin hanya akan menambah masalah atau meningkatkan ketegangan pada hubungan kalian.

Sebaliknya, gunakan pernyataan “saya” untuk menjelaskan masalah dan perasaanmu. Coba bersikap tenang, hormat, dan spesifik dalam menyampaikan apa yang ingin kamu sampaikan. Contohnya, kamu bisa mengatakan, “Aku kesal karena kamu malah main game saat aku curhat”, bukan “Kamu gak pernah dengar aku curhat.”

  1. Buang jauh-jauh rasa dendam

Memaafkan orang lain adalah alat yang kuat dalam menjali hubungan. Jika kamu membiarkan kemarahan dan perasaan negatif lainnya terus mengerus perasaan positif, kamu mungkin akan merasa tertelan oleh amarahmu sendiri. Memberi maaf kepada seseorang yang membuatmu marah akan membantumu belajar dari situasi tersebut dan memperkuat hubunganmu.

Inilah beberapa tips umum yang mungkin bisa kamu terapkan sebagai cara marah yang elegan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, yaa!