Cara Marawat Gigi Dari Karang Yang Memicu Berbagai Masalah Pada Mulut

Memiliki senyum yang indah dan berkilau tentunya akan menarik perhatian orang lain. Hal ini diawali dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satunya dengan mengetahui cara membersihkan karang gigi dengan benar.

Karang gigi terbentuk dari sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan, sehingga menjadi plak yang telah mengeras pada gigi.  Munculnya karang gigi juga memicu berbagai masalah kesehatan mulut, seperti radang gusi, bau mulut, dan gigi berlubang. Rutin membersihkan karang gigi adalah hal yang penting untuk mencegah masalah tersebut.

  1. Konsumsi Melon

Kandungan air, vitamin, dan mineral dalam melon bermanfaat untuk membersihkan karang gigi. Konsumsi melon juga berpengaruh pada peningkatan produksi air liur yang berguna untuk menghilangkan bakteri dalam mulut. Selain itu, kandungan dalam melon juga dapat mengatasi masalah gusi dan sariawan. Untuk membersihkan karang gigi secara efektif, konsumsi melon secara rutin.

  1. Usapkan Kulit Jeruk

Selain buahnya yang tinggi vitamin C untuk membersihkan karang gigi, kulit jeruk juga memiliki khasiat yang sama. Tak hanya itu, kulit jeruk juga mampu memutihkan gigi karena mengandung vitamin C dan limonene yang berperan sebagai antibakteri. Anda bisa melakukannya dalam dua cara, pertama, usapkan kulit jeruk segar pada karang gigi, diamkan selama 7 jam, kumur hingga bersih di pagi hari, atau Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai pasta dengan cara menghaluskannya dengan sedikit air dan aplikasikan untuk menyikat gigi.

  1. Kumur Cuka Putih

Cuka putih kaya akan asam alami yang berfungsi untuk membersihkan karang gigi, membunuh bakteri, mencegah infeksi, mencegah kerusakan enamel gigi, dan menghilangkan plak. Para ahli merekomendasikan untuk berkumur dengan menggunakan campuran cuka putih, garam, dan air hangat. Lakukan cara ini sekali dalam sehari.

  1. Kombinasi Strawberry dan Tomat

Vitamin C bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Kandungan ini bisa Anda temukan dalam stroberi dan tomat yang kaya akan vitamin C, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan karang gigi. Caranya, cukup menggosokkan campuran buah ini ke gigi, diamkan selama 5 menit, kemudian berkumurlah dengan campuran air hangat dengan baking soda.

  1. Konsumsi Apel

Bagi Anda yang gemar makan apel, pertahankan kebiasaan tersebut. Apel tinggi serat yang bermanfaat untuk membersihkan gigi dari sisa makanan. Mengonsumsi apel akan meningkatkan produksi saliva, yang berfungsi untuk melindungi gigi dari kerusakan dan mengurangi timbunan sisa-sisa makanan. Selain itu, apel mengandung asam alami yang efektif membersihkan karang gigi, sekaligus tinggi vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh.

  1. Berkumur dengan Minyak Kelapa

Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba, sehingga dapat membersihkan karang gigi, mencegah kerusakan gigi, dan menguatkan gigi. Penelitian juga menemukan bahwa berkumur dengan minyak kelapa efektif membersihkan lapisan plak gigi dan mencegah pembentukan plak baru. Caranya, berkumurlah dengan menggunakan sekitar satu sendok makan minyak kelapa selama 20 hingga 30 menit.