Cara Menghadapi Seseorang Yang Berniat Bunuh Diri

Berurusan dengan orang yang mencoba bunuh diri memang tidak mudah. Alih-alih mengambil langkah yang salah,  Kamu mungkin biasanya hanya melihat orang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri dari platform berita ataupun media sosial. Lantas, bayangkan bagaimana jika hal itu ada dihadapanmu? Apakah kamu akan diam saja atau malah ikut panik?  Ketika bingung menghadapi orang yang ingin bunuh diri, berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang bisa kamu lakukan.

  1. Jangan Panik

Hal yang paling penting untuk dilakukan saat melihat orang ingin melakukan percobaan bunuh diri adalah tetap tenang dan jangan panik.  Sepanik apapun, usahakan untuk tetap tenang. Jangan memaksa untuk turun, memarahi, atau memberikan respons yang semakin memicu ketegangan atau memberi tekanan.

  1. Cari Bantuan

Jika melihat ada orang yang ingin melakukan bunuh diri, baik itu orang yang kamu kenal atau tidak, sebaiknya segera hubungi layanan darurat atau pihak berwenang untuk meminta bantuan. Gunakan ponselmu untuk menghubungi hotline kesehatan mental HIMPSI di 119 exit 8 atau hubungi kantor polisi terdekat.

Beri tahu mereka bahwa kamu bersama seseorang yang sepertinya akan melakukan percobaan bunuh diri. Kemudian, beritahu lokasi percobaan bunuh diri secara jelas dan detail agar pihak terkait mudah menemukan lokasimu.

Kamu juga perlu memberitahu secara jelas keadaan yang terjadi. Misalnya, jika orang tersebut tampaknya mabuk atau menggunakan obat-obatan, kamu harus memberitahu petugas tentang kecurigaan tersebut.

Informasikan pula apabila orang tersebut tampak membawa senjata atau benda tajam yang berbahaya.

  1. Cobalah Ajak Bicara

Sambil menunggu bantuan datang, kamu dapat mengajak orang yang akan bunuh diri untuk berinteraksi dengan tenang dan perlahan. Bicarakan hal-hal yang netral dan tidak menyinggung perasaannya. Saat berhadapan dengan orang yang ingin melakukan bunuh diri, jangan pernah sekali-kali kamu mengatakan hal-hal yang dapat merendahkan atau menghakimi pelaku.

  1. Pastikan Kondisi Fisik Mereka

Setelah berhasil membujuk orang tersebut berhenti melakukan percobaan bunuh diri, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memastikan keamanan fisiknya terlebih dahulu. Jika ditemukan adanya luka atau kondisi kesehatan yang mengganggu, segera bawa mereka ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Kemudian, hubungi keluarga atau orang terdekatnya.

  1. Hindari Ikut Campur pada Masalah Mereka

Hindari untuk menanyakan hal-hal pribadi, apalagi jika yang bersangkutan merasa tidak nyaman. Sebaiknya juga jangan memberikan solusi masalahnya jika tidak diminta. Biarkan ia tenang terlebih dahulu. Sebaliknya, kamu dapat berkomunikasi dengan keluarganya tentang kejadian yang terjadi. Lalu, arahkan mereka untuk tidak membiarkan orang yang bersangkutan sendirian terlebih dahulu.

Namun, berbeda jika orang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri adalah teman dekat. Kamu bisa mencoba menenangkan, kemudian pastikan selalu berada di sampingnya.  Ketika teman kamu sudah tenang, tidak ada salahnya untuk menawarkan bantuan profesional seperti psikolog.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika menghadapi orang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri. Pastikan semua langkah tersebut kamu lakukan dengan tenang dan pikiran yang jernih.