Cara Mudah Menanam Pisang Dalam Pot Dengan Sederhana

Dalam budidaya tanaman, keterbatasan lahan seringkali menjadi masalah. Akibatnya, banyak orang mencari cara lain untuk bercocok tanam meskipun tidak memiliki lahan yang luas. Salah satunya adalah memanfaatkan panci. Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam pisang, Anda bisa menanamnya di dalam pot. Bagaimana proses menanam pisang di pot? Lihat penjelasan berikut!

Beberapa varietas pisang dapat ditanam dalam pot, termasuk pot. Apakah mungkin untuk menanam pisang dalam pot untuk menghasilkan buah yang lebat? Jika dilakukan dengan cara yang tepat, jawabannya pasti benar. Cara menanam pisang dalam pot sangat sederhana.

1.Menyiapkan bibit dan pot

Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan bibit pisang yaitu anakan pisang,tunas atau bonggol pisang. Menanam pisang dalam pot juga bisa menggunakan biji,namun akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk panen. Jika bibit sudah tersedia,lalu selanjutnya siapkan pot yang sudah diisi dengan media tanam berupa tanah yang subur, arang sekam dan sedikit pasir. Sebaiknya gunakan pot besar untuk menanam pisang.

2. Menanam pisang

a.Gali lubang tanam dalam pot untuk tempat meletakkan bibit pisang

b.Keluarkan bibit dari dalam polybag secara perlahan agar tanahnya tidak rusak

c.Tanam bibit di dalam pot dan timbun kembali dengan tanah yang sama

d. Siram bibit setelah ditanam

3.Merawat pisang

Setelah ditanam tentu pisang harus dirawat. Cara merawat pisang dalam pot bisa dilakukan dengan menyiram,memupuk,membersihkan gulma,memastikan pot ditempatkan di tempat yang cukup penyinaran matahari dan memangkas daun-daun tua yang sudah kering agar tampak rapi.

Ada beberapa syarat tumbuh pisang di dalam pot yang harus diperhatikan sebelum melakukan penanaman.

1.Matahari

Pisang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis sehingga menyukai penyinaran matahari yang cukup dan kelemababan yang seimbang. Oleh karena itu anda harus menyimpannya di tempat yang memiliki cukup penyinaran matahari dan terllindung dari angin.

2. Tanah

Tanaman pisang membutuhkan tanah yang kering,kaya bahan organik dan berpasir. Untuk menghasilkan buah pisang yang kaya kalsium,pisang harus ditanam di tanah yang bersifat asam mendekati netral.

3.Pengairan

Pisang sangat menyukai kelembaban,sehingga harus dilakukan penyiraman secara teratur dan berkala. Namun saat menyiram tanaman pisang,usahakan airnya tidak terlalu banyak agar pisang tidak mudah terserang penyakit busuk akar.

4.Pupuk bernutrisi agar tanaman pisang dalam pot subur

Tanaman pisang di dalam pot perlu diberikan pupuk sebagai nutrisinya. Sebaiknya berikan pupuk yang kaya nitrogen pada tanaman pisang yang masih muda untuk mempercepat pertumbuhannya.