Cara Ternak Lele Dan Membudidayakannya

Akhir-akhir ini, kebutuhan ikan lele meningkat, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan permintaan akan ikan lele tersebut. Kebutuhan tersebut akan terus meningkat dengan meningkatnya permintaan akan ikan lele ukuran konsumsi. Seperti yang diketahui ikan lele sering dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama sebagai lauk bersama nasi. Ikan lele sangat digemari oleh masyarakat, karena banyak mengandung protein sebagai pelengkap asupan gizi yang baik.

Mungkin kamu saat ini sedang melirik jenis ikan lain yang bisa dijadikan peluang bisnis. Ikan lele bisa menjadi pilihan karena pasar yang luas. Hewan air ini pun  bisa tumbuh besar bersama ikan jenis lain seperti ikan trout. Namun, buat kamu yang ingin beralih ke pasar ikan lele bisa menggunakan media atau kolam yang sudah ada dengan beberapa tips berikut tanpa membuat ulang kolam baru.

Pertama

Gunakan siphon untuk menguras air yang sudah ada. Selanjutnya, kamu bisa memperbaiki kolam yang tidak rata selain itu bisa mengganti lapisan plastik terpal dengan yang baru agar air tidak bocor. Ada uang lebih bisa melapisinya dengan dinding dan lantai beton.

Kedua

Bunuh semua ikan yang kamu biakan sebelumnya hingga tidak tersisa. Kamu pun bisa menambahkan racun ikan, rotenone sebanyak 3 liter per hektar. Biarkan selama seminggu.

Ketiga

Kuras dan isi ulang dengan air yang baru. Jangan langsung isi dengan benih yang baru.

Keempat

Masukan benih lele sepanjang 5-7 cm dan harus disamakan ukurannya. Untuk jumlah pakan, kamu bisa memasukan 100 benih per meter per segi. Jumlah ikan bisa kamu sesuaikan dengan berapa sering kamu beri pakan. 300 ikan lele per hektar bisa untuk jadwal pakan seminggu sekali karena air mengandung pakan alami.  Bila kamu ingin menggunakan 1000 ikan per hektar, kamu harus memberi makan mereka setiap hari.

Kelima

Beri makan sesuai jadwal. Pakan mengapung membantu kamu melihat perkembangan tubuh lele, sehat atau sakit. Pemberian pakan pun tidak boleh berlebihan setidaknya pakan itu akan habis dalam 15–20 menit.

Dengan cara ini pun kamu bisa memilih indukan untuk pemijahan. Pisahkan indukan jantan dan betina di kolam yang berbeda. Setelah mereka mencapai umur pemijahan, kamu bisa memasukan mereka ke kolam khusus yang berisikan satu jantan dan tiga betina.

Kamu harus memberikan sarang yang cukup luas untuk kedua ikan untuk melakukan pembuahan. Gunakan sarang yang bebas dari bahan kimia yang bisa mengganggu pertumbuhan ikan. Tabung plastik bebas timbal, wadah kayu, wadah tanah liat bisa menjadi pilihan.

Keenam

Saat panen, kuras air hinga 1/3–1/2 air sehingga ikan sulit bergerak. Dengan begini, kamu bisa menangkap dan memilah ikan sesuai ukuran dengan mudah

Cara budidaya ikan lele merupakan salah satu cara yang sangat penting di masa sekarang. Budidaya ikan lele saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan metode terbaru dengan baik dan benar.  Budidaya lele merupakan kegiatan pemeliharaan pembesaran ikan lele dari yang berukuran kecil (benih) sampai ukuran konsumsi.

Apa saja keuntungan dalam melakukan budidaya lele?

  1. Dараt dibudidayakan dilahan dan sumber air уаng terbatas dеngа padat tebar tinggi
  2. Teknologi budidaya relatif mudah dikuasai оlеh masyarakat
  3. Pemasarannya relative mudah
  4. Modal usaha dibutuhkan relatif rendah

Berdasarkan keuntungan tersebut, budidaya ikan lele tetap menjadi primadona dalam budidaya ikan air tawar.