Fakta Tentang Makan Malam Bisa Bikin Gemuk

Pernahkah saat ingin menurunkan berat badan orang-orang di sekitar menyarankanmu untuk tidak makan malam? Hal ini sudah umum terjadi ketika ada orang yang ingin menurunkan berat badan, ia lebih memilih tidak makan malam. Lalu, sebenarnya apakah makan malam bisa bikin gemuk?

Apakah makan malam bisa bikin gemuk?

Studi hewan menunjukkan bahwa tubuh dapat menggunakan kalori yang dikonsumsi secara berbeda selama waktu tertentu dalam sehari, yang mendukung gagasan bahwa makan di malam hari membuat berat badan naik.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa makan di malam hari bertentangan dengan ritme sirkadian, siklus 24 jam yang memberi tahu tubuh kapan harus tidur, makan, dan bangun. Menurut ritme sirkadian, malam hari adalah waktu untuk istirahat, bukan untuk makan.

Memang, teori ini didukung oleh beberapa penelitian hewan. Meskipun demikian, tidak semua penelitian yang dilakukan pada manusia mendukung gagasan ini. Penelitian pada manusia telah menunjukkan bahwa jumlah kalori yang dikonsumsi bukan yang paling penting.

Misalnya, studi yang dilakukan pada 1.600 anak tidak menemukan hubungan antara makan malam setelah pukul delapan malam dan kelebihan berat badan. Dalam penelitian ini, orang yang makan terlambat pada malam hari tidak mengonsumsi banyak kalori. Sebaliknya, mereka yang makan terlambat pada malam hari dapat mengalami kenaikan berat badan seiring waktu. Ini menunjukkan bahwa makan malam tidak menyebabkan peningkatan berat badan selama porsi yang cukup.

Intinya, jika Anda makan terlalu banyak, tidak hanya saat makan malam, tetapi juga saat sarapan atau makan siang, itu akan berdampak pada kenaikan berat badan Anda.

Penyebab berat badan mudah gemuk

Setelah mengetahui apakah makan malam bisa bikin gemuk atau tidak, kamu perlu mengenali beragam penyebab berat badan mudah gemuk. Berikut penjelasan detailnya:

  1. Makan dengan porsi berlebihan

Jika kamu konsisten makan dengan porsi berlebihan selama 1-2 bulan, maka kamu akan mengalami peningkatan berat badan. Selain itu, saat kamu membeli peralatan makan baru dengan ukuran yang lebih besar, ini bisa menjadi pemicu kenaikan berat badan tanpa kamu sadari.

  1. Asupan karbohidrat yang berlebihan

Selain makan dengan porsi yang berlebihan, jika kamu mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan juga dapat meningkatkan berat badan.

  1. Kurang tidur 

Orang-orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak dan ingin mengonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi. Saat kamu begadang misalnya, kamu juga cenderung untuk ngemil. Tanpa kamu sadari kalori camilan yang kamu konsumsi sudah melewati batas.

  1. Konsumsi terlalu banyak garam

Jika kamu mengonsumsi banyak makanan asin beberapa hari berturut-turut, berat badan bisa tiba-tiba naik. Makanan cepat saji cenderung banyak mengandung natrium. Inilah pentingnya mengetahui jumlah garam yang dimakan setiap hari. Itulah beragam penyebab berat badan mudah naik dan penjelasan apakah makan malam bisa bikin gemuk atau tidak.