Gunung Putih di Kalimantan Utara Yang Menakjubkan

Kalimantan Utara, sebuah provinsi yang baru dibentuk pada tahun 2013, memiliki banyak kekayaan alam yang menakjubkan yang menunggu para wisatawan untuk menjelajahi. Gunung Putih, yang terletak di Kecamatan Tanjung Palas di Kabupaten Bulungan, adalah salah satu tempat wisata alam paling menakjubkan di provinsi ini. Gunung Putih mencapai ketinggian sekitar 350 meter di atas permukaan laut, memberikan pemandangan alam yang menakjubkan bagi pendaki dan pecinta alam.

Gunung Putih memiliki udara yang sejuk dan pemandangan yang menakjubkan, yang merupakan daya tarik utamanya. Dengan beragam jenis burung endemik Kalimantan Utara yang hidup di habitat alaminya, tempat ini adalah surga bagi pengamat burung. Gunung Putih, yang terdiri dari formasi gunung kapur putih, tampak seperti lukisan alam yang indah dengan relief alami yang seolah-olah diukir oleh tangan alam.

Aksesibilitas ke obyek wisata ini juga relatif mudah. Pengunjung dapat mencapainya dari Tanjung Selor menggunakan kendaraan bermotor, dengan waktu perjalanan kurang dari satu jam. Alternatif lainnya adalah melalui sungai. Jarak obyek wisata ini dengan dari dermaga Tanjung Palas di tepi Sungai Kayan adalah sekitar dua kilometer. Saat mengunjungi Bulungan melalui jalur sungai ini, Gunung Putih terlihat megah dari kejauhan, menciptakan ekspektasi yang menggugah untuk menjelajahinya.

Perjalanan pendakian ke puncak Gunung Putih memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan melewati ratusan anak tangga yang tinggi, pengunjung akan merasakan tantangan fisik yang mengasyikkan, terutama bagi para penggemar hiking. Jalur pendakian dilanjutkan dengan jalan setapak yang menantang, melewati tebing curam, dinding batu kapur, dan batu-batu granit besar. Namun, naungan pepohonan tinggi dan rindang memberikan kesejukan alam selama perjalanan.

Setelah mencapai teras gunung, panorama alam yang eksotis menyambut dengan udara segar. Pengunjung dapat bersantai di gundukan batu di puncak tertinggi, menikmati pemandangan luar biasa yang meliputi hamparan perumahan penduduk dan aliran Sungai Kayan. Gunung Putih memberikan kesempatan bagi para pencinta alam untuk mengabadikan momen indah ini dalam lensa kamera mereka.

Tak hanya keindahan puncak, Gunung Putih juga menyimpan rahasia bawah tanah. Gua alami di belakang lereng gunung memberikan pengalaman eksplorasi yang menarik. Terdapat tangga di dalam gua yang memudahkan para wisatawan mengatasi bagian batuan curam di dalamnya. Jarak yang relatif dekat dari teras gunung membuat kunjungan ke gua ini bisa menjadi petualangan singkat yang mendebarkan.

Sebagai tips tambahan, sebelum memulai pendakian, pastikan kondisi fisik Anda prima dan perut terisi. Kehadiran makanan dan air minum yang cukup adalah suatu keharusan. Gunung Putih Tanjung Palas adalah perpaduan sempurna antara tantangan fisik dan pesona alam yang mengagumkan, menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan di Kalimantan Utara.