Jeruk Clementine Memiliki Ciri Khas dan Manfaatnya

“Baby orange” adalah nama jeruk yang sering dilihat di supermarket. Jeruk Clementine juga dikenal dengan nama Algerian Tangerine karena warna kulitnya yang berwarna oranye kemerahan. Sebelum Tahun Baru Imlek atau Natal, jeruk ini biasanya banyak dijual untuk dijadikan bingkisan. Memiliki rasa dan manfaat yang unik, dan ukurannya berbeda dari jeruk biasa.

Hibrida dari C. deliciosa (jeruk keprok daun willow) dan C. sinensis (jeruk manis) adalah Clementine. Kulitnya halus dan mengkilap berwarna oranye gelap. Clementine dapat dibagi menjadi antara 7 dan 14 bagian. Jeruk ini mudah dikupas, seperti jeruk keprok.

Clementine masuk ke dalam kelompok jeruk mandarin, yaitu common mandarin. Istilah “mandarin” dipakai untuk menunjukkan kepada kelompok jeruk dengan ciri kulit tipis, mudah dikupas, dan juring tidak rekat.

Ciri Khas

Clementine memiliki karakter sebagai berikut:

  • Buah Clementine biasanya tanpa biji (seedless),kecuali di sekitar tanaman ada pohon yang seedy sebagai penyumbang polen.
  • Warna kulit jeruk ini lebih oranye daripada Satsuma dan buah berbentuk bulat.
  • Kulit buah sangat mudah dikupas tapi tidak semudah Satsuma.
  • Juring buah antara 8-14 per buah.
  • Buahnyamemiliki rasa yang manis, juicy, dan beraroma tajam.
  • Daunnya lebih sempit dan kecil daripada Satsuma Mandarin (lebih mirip willowleaf).
  • Clementine dapat tumbuh pada ketinggian mulai 400 m dpl.

Satu keistimewaan clementine yang sangat disukai oleh petani adalah karakternya yang lebih cepat matang dibandingkan mandarin lainnya. Kematangan buah bisa di capai antara 6-7 bulan setelah pembungaan.

Clementien tumbuh pada wilayah yang mempunyai kebutuhan panas lebih rendah, banyak ditemukan di benua eropa. Di sana, jeruk ini banyak muncul pada saat musim dingin.

Manfaat Jeruk Clemetine

Jeruk clementine yang mungil ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini sifat jeruk clementin dan manfaatnya:

Kadar Kalium Tinggi

Satu buah clementine mengandung 130 mg kalium. Kalium dikenal baik untuk menjaga tekanan darah, menjaga arteri, dan juga sendi-sendi di dalam tubuh.

Selain itu, tingginya kadar kalium juga membantu tubuh untuk mengurangi perut kembung, pusing kepala, pencernaan yang tidak baik, hingga meredakan peradangan.

Kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai penyeimbang cairan yang ada di dalam tubuh.

Kaya Vitamin C

Vitamin C banyak ditemukan dalam berbagai jenis buah jeruk, terutama juga pada clementine. Dalam satu buah jeruk clementine terdapat 36 mg vitamin C.

Banyak sekali kegunaan yang didapatkan dalam vitamin C untuk kulit, rambut, dan meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin ini juga sangat baik untuk percernaanmu karena membantu mengatur kesehatan usus sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain.

Kaya Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Clementine mengandung kalsium 22 mg saja per buah. Kalsium ini dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah dan juga menenangkan saraf di dalam tubuh.

Mengandung Beta-karoten

Seperti semua buah berwarna oranye, clementine juga mengandung beta-karoten. Sebagaimana diketahui, beta-karoten adalah bentuk vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit, dan jantungmu. Jadi, dengan mengonsumsi buah ini per hari dapat membantumu mencapai kebutuhan vitamin A harian pada tubuh.

Rendah Gula

Salah satu manfaat dari jeruk clementine ini adalah rendah karbohidrat, berarti juga rendah gula. Oleh karena itu, buah ini tidak akan meningkatkan indeks glikemik pada tubuhmu. Clementine sangat baik dikonsumsi di pagi hari atau bisa dicampurkan dengan minuman seperti smoothies atau dengan yogurt.

Rendah Kalori

Clementine juga dikenal sebagai buah bebas lemak. Cocok untuk kamu yang sedang diet. Satu buah clementine mengandung 35 kalori, jadi aman kalau kamu mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, jeruk ini tinggi akan antioksidan yang baik untuk tubuh kita.