Kenali Penyebab Langit-Langit Mulut Terasa Gatal

Selain mengganggu, gatal di langit-langit mulut juga bisa menunjukkan masalah kesehatan tertentu. Untuk mengetahui penyebabnya, jika Anda sering mengalaminya, Anda harus mengetahui penyebabnya.

Penyebab langit langit mulut gatal

Penyebab gatal di langit-langit mulut di antaranya infeksi virus atau jamur, alergi, dan faktor lainnya. Berikut faktor yang dapat menjadi penyebab langit langit mulut gatal, yaitu:

  1. Alergi

Sindrom Alergi Oral (OAS) adalah jenis alergi makanan yang menyerang mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan. Gejala OAS lainnya termasuk benjolan merah atau pembengkakan di mulut atau tenggorokan serta rasa gatal. Makanan seperti apel, seledri, polong-polongan, ikan, kerang, susu sapi, telur, gandum, dan kedelai dapat menyebabkan alergi OAS.

  1. Anafilaksis

Anafilaksis adalah kondisi yang lebih serius dan dapat menyebabkan pusing, detak jantung yang lebih tinggi, hingga mual. Anafilaksis dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang berreaksi terlalu kuat terhadap alergen tertentu, seperti sengatan lebah, serbuk sari, atau beberapa jenis makanan.

Pembengkakan dapat menyerang mulut dan tenggorokan, menyebabkan kesulitan bernapas. Untuk mengatasi kondisi ini dengan cepat, tindakan medis diperlukan segera.

  1. Infeksi virus

Secara sederhana, saat terinfeksi virus, sistem kekebalan tubuh akan mengirimkan sel-sel khusus untuk menangkap dan menghancurkan patogen yang menyerang. Penumpukan sel-sel kekebalan ini bisa menyebabkan peradangan yang membuat langit-langit mulut dan tenggorokan terasa gatal.

Selain  itu, infeksi virus juga menimbulkan gejala lain, seperti sakit tenggorokan, pilek, bersin, sakit kepala, suara serak, demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Sariawan 

Sariawan adalah salah satu jenis infeksi jamur yang membuat pertumbuhan jamur pada selaput lendir yang melapisi mulut dan tenggorokan. Kondisi ini mengakibatkan timbulnya bercak tebal berwarna krem pada lidah, bagian dalam pipi, langit-langit mulut, dan tenggorokan.

Umumnya, orang yang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami sariawan adalah mereka yang menggunakan gigi palsu, merokok, mengidap diabetes, mengonsumsi antibiotik, dan memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Cara mengatasi langit langit mulut gatal

Pengobatan untuk rasa gatal di mulut tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Untuk mengurangi rasa gatal tersebut, kamu bisa membeli obat di apotek. Namun, untuk keadaan yang lebih parah dan untuk penyembuhan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang sesuai.

Secara detail, berikut beberapa jenis pengobatan atau cara mengatasi langit langit mulut gatal:

  1. Membeli obat yang dijual bebas di pasaran

Istilah over-the-counter (OTC) mengacu pada obat yang dapat dibeli tanpa resep medis dan dijual bebas di pasaran. Ada beberapa opsi pengobatan yang dapat mengurangi rasa gatal di mulut yaitu dengan:

  • Antihistamin. Obat bebas yang paling umum untuk alergi ringan adalah antihistamin seperti Benadryl, Zyrtec, atau Claritin.
  • Dekongestan. Jika rasa gatal di langit-langit mulut disertai dengan pilek, kamu mungkin dapat meredakan dengan mengonsumsi dekongestan, seperti Dayquil atau Nyquil. Dekongestan dapat membantu mengurangi gejala pilekmu, termasuk rasa gatal di mulut.
  • Obat yang dioleskan. Obat yang dioleskan untuk sariawan bukan untuk menyembuhkan lukanya, tetapi dapat mengurangi rasa tak nyaman di langit-langit mulut. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat oles yang juga mengurangi rasa sakit.
  1. Menggunakan obat resep dari dokter

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat resep, terutama:

  • Obat antijamur. Dokter akan meresepkan obat antijamur jika kamu mengalami sariawan mulut. Pengobatan ini bisa berupa obat yang dioleskan, tablet hisap, hingga pil. Pada kasus yang lebih parah, dokter mungkin memberikan suntikan.
  • Obat antivirus. Jika mengalami gatal di langit-langit mulut yang parah atau tak kunjung membaik, dokter akan meresepkan obat antivirus untuk mempercepat penyembuhan.
  • Epinefrin. Jika mengalami anafilaksis, kamu mungkin memerlukan obat ini karena dapat dengan cepat melawan reaksi alergi yang berpotensi mengancam jiwa jika keadaannya semakin parah.
  1. Menggunakan bahan alami yang ada di rumah 

Kamu juga bisa mencoba pengobatan rumahan untuk meredakan gatal di langit-langit mulut. Namun, pengobatan ini mungkin efeknya berlangsung singkat, tidak cepat dirasakan, dan kurang efektif.

Beberapa beberapa bahan alami atau pengobatan rumahan untuk mengatasi langit langit mulut gatal yang bisa dicoba, yaitu:

  • Air garam adalah disinfektan yang membunuh bakteri dan membantu proses penyembuhan di mulut, menghentikan penyebaran infeksi, dan meredakan area yang gatal atau sakit di mulut. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu cukup berkumur dengan air garam.
  • Madu dapat meredakan sementara rasa gatal di langit-langit mulut. Kamu bisa mengonsumsi 1 sendok madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh hangat.
  • Es yang dibiarkan mencair di mulut dapat membuat area yang gatal menjadi mati rasa. Namun, cara ini juga dapat membuat gigimu tidak nyaman, apalagi jika memiliki masalah gigi sensitif.
  • Teh herbal dapat mengurangi langit langit mulut gatal. Nah, kamu bisa coba mengonsumsi teh chamomile, jahe, hingga licorice.

Dalam kondisi apa pun, menjaga kesehatan adalah kunci untuk mencegah penyakit. Cobalah istirahat yang cukup, minum banyak cairan, makan makanan bergizi, dan ikuti petunjuk dari dokter. Dengan begitu, langit langit mulut gatal bisa segera diatasi.