Khasiat Buah Parijoto Sangat Baik Buat Ibu Hamil

Buah parijoto berukuran kecil dengan bentuk bulat hingga lonjong dan tumbuh dalam banyak kelompok besar pada batang yang bersudut, tebal, dan berserat. Setelah matang, kulit buahnya kencang, halus, dan berwarna merah jambu. Saat matang, batangnya juga berwarna merah-merah jambu terang. Selain buahnya, daunnya berwarna hijau tua dengan tekstur kasar dan urat menonjol, berbentuk lanset dan rata-rata berdiameter lima belas sentimeter. Buah parijoto ini memiliki rasa manis dan asam, serta rasa renyah, lembut, dan sedikit asam.

Promil atau program hamil adalah sebuah upaya untuk meningkatkan peluang kehamilan pada pasangan yang ingin punya anak. Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan promil, salah satunya adalah pola makan yang sehat dan bergizi. Salah satu jenis buah yang diketahui menawarkan manfaat untuk promil adalah buah parijoto.

Kandungan buah parijoto

Buah parijoto tumbuh subur di daerah hujan tropis Jawa Tengah. Masyarakat di sana secara turun temurun menggunakan manfaat kandungan dari buah parijoto untuk mengatasi sariawan hingga promil.

Menurut jurnal yang diterbitkan dalam AIP Conference Proceedings (2017), buah parijoto mengandung senyawa fitokimia seperti:

  • Flavonoid
  • Tanin
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Beta karoten
  • Alkaloid
  • Antibakteri
  • Antifungi
  • Antioksidan

Manfaat buah parijoto untuk promil

Mengingat senyawa yang ada pada buah parijoto cukup banyak, manfaat buah cerme ini tidak hanya terbatas pada kesehatan tubuh. Beberapa orang menggunakan manfaat buah parijoto untuk membantu promil.

Begini, buah parijoto juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang ternyata baik untuk pasangan yang ingin memiliki anak. Berikut deretan manfaat buah parijoto untuk promil yang mungkin bisa jadi pertimbangan kamu.

  1. Membantu meningkatkan kesuburan

Seperti yang kamu tahu, buah parijoto mengandung nutrisi penting untuk meningkatkan kesuburan pada wanita yang ingin hamil. Kandungan antioksidan seperti flavonoid, beta karoten, tanin, dan saponin pada parijoto mampu meningkatkan kualitas sel telur. Ini bisa meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Itu sebabnya, bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan mungkin bisa mengonsumsi buah parijoto sebagai pendamping. Namun, ada baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dulu, ya.

  1. Melindungi sel telur

Manfaat buah parijoto lainnya untuk promil adalah melindungi sel telur. Pasalnya, buah ini mengandung mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan sel telur wanita dan sperma pria. Beta karoten, yang merupakan sumber vitamin A, dapat melindungi sel telur dari kerusakan radikal bebas dan juga melindungi DNA.

Selain itu, beta karoten dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pria. Dengan mengonsumsi buah parijoto, manfaat kesehatan ini dapat diperoleh dengan mudah.

  1. Meningkatkan kesehatan pasutri

Kesehatan yang optimal pada pasangan suami istri sangat penting untuk mencapai program kehamilan yang diharapkan. Di sisi lain, buah parijoto dapat memberikan manfaat kesehatan dengan kandungan antioksidannya yang membantu memperbaiki kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh.

Pasutri juga wajib menjaga keseimbangan nutrisi dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan menghindari stres juga dapat mempertahankan kesehatan tubuh. Semua langkah ini dapat membantu memastikan kelancaran program kehamilan, selain mengonsumi buah parijoto.

  1. Membantu mencegah keguguran

Kondisi kesehatan ibu dan janin yang akan dikandung tentu akan bergantung pada asupan makanan yang kamu konsumsi.

Maka dari itu, kamu bisa memilih buah parijoto untuk dikonsumsi mengingat buah ini menawarkan segudang nutrisi, seperti antioksidan dan beta karoten.

Kedua senyawa ini ternyata sangat berguna untuk mengurangi risiko keguguran saat hami. Walau begitu, belum ada penelitian atau bukti secara ilmiah yang memperlihatkan manfaat buah parijoto untuk promil satu ini.

Cara mengonsumsi buah parijoto

Konsumsi buah parijoto tidak dilarang untuk membantu program kehamilan. Namun, penting untuk memperhatikan jumlah konsumsi yang tidak berlebihan. Kamu juga untuk tidak hanya mengandalkan buah parijoto sebagai sumber nutrisi, melainkan mengombinasikannya dengan buah dan sayuran lain. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang beragam.

Selain itu, perlu diingat bahwa ada risiko alergi akibat mengonsumsi buah parijoto. Pasalnya, beberapa buah memiliki potensi alergi. Jika mengalami mual, muntah, atau tanda-tanda alergi lainnya, segera hentikan konsumsi buah parijoto dan berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan diagnosis dan penanganan yang lebih lanjut.

Itu tadi sederet manfaat buah parijoto untuk promil yang bisa jadi pertimbangan kamu. Usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ketika akan melakukan program kehamilan dan tanyakan bagaimana pola makan yang tepat, ya.