Manfaat Kalori Pada Ubi Rebus Baik Untuk Diet

Ubi rebus adalah makanan yang enak dan bergizi. Tidak hanya lezat, makanan ini juga mengandung vitamin A, mineral, dan senyawa tanaman yang disebut fitonutrien, jadi memang sangat baik untuk kesehatan.

Namun, kamu mungkin bertanya-tanya apakah ubi rebus bisa bikin gemuk atau tidak. Memang, ubi rebus dikenal sebagai makanan yang bisa menggemukkan karena memiliki kalori yang tinggi. Padahal ini tidak benar. Faktanya, ubi rebus dianggap sebagai alternatif yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Ubi rebus memiliki rasa manis dari gula alami, serta rasa gurih alami khas umbi-umbian. Dengan mengonsumsi makanan yang satu ini, keinginan untuk mengkonsumsi gula buatan akan menurun.

Berapa kalori ubi rebus?

Kalori ubi rebus tergolong rendah. Pada setiap 100 gram ubi rebus, hanya terdapat sekitar 100 kalori. Oleh karena itu, makanan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet atau menurunkan berat badan.

Makanan yang satu ini juga populer menjadi menu diet, seperti diet ala IU yang mengonsumsi ubi rebus sebagai karbohidrat utamanya. Bukan hanya itu, kalori ubi rebus (ubi jalar) yang relatif rendah ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram ubi rebus, terdapat kandungan gizi makro dan mikro sebagai berikut:

  • Karbohidrat: 19,5 g
  • Serat: 5,2 g
  • Protein: 1,37 g
  • Potasium: 230 mg
  • Kalsium: 27 mg
  • Magnesium: 18 mg
  • Vitamin A: 15700 IU

Jumlah kalori tersebut pada ubi jalar tidak jauh beda dengan jumlah kalori yang terdapat pada jenis ubi lainnya, seperti ubi ungu atau ubi jalar.

Manfaat ubi rebus untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat kalori ubi rebus untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

  1. Meningkatkan stamina

Kalori ubi jalar rebus mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Kedua nutrisi ini membantu kinerja sel darah putih dan produksi antioksidan. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membuatmu lebih tahan terhadap penyakit.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Makan ubi jalar rebus juga dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Ini berkat kandungan serat dan antioksidan yang menyehatkan usus. Kedua senyawa ini dipercaya dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik yang penting dalam menjaga dan memperkuat sel-sel yang melapisi dinding usus.

  1. Menjaga kesehatan mata 

Ubi jalar rebus juga membantu menjaga kesehatan mata. Ini karena kalori ubi jalar rebus kaya akan beta-karoten, pigmen yang membentuk vitamin A. Jenis vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan fungsi otak 

Ubi jalar rebus jenis tertentu, terutama ubi jalar ungu, dipercaya mengandung antosianin. Nutrisi ini membantu melindungi otak dan mencegah peradangan.

Mengkonsumsi ubi jalar rebus juga dapat membantu mengurangi risiko kerusakan akibat paparan radikal bebas. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat yang satu ini.

  1. Menurunkan berat badan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ubi rebus sangat bagus untuk diet dan menurunkan berat badan. Berdasarkan penilitian, kalori ubi rebus memang dapat menurunkan berat badan dan kadar lemak jika mengonsumsinya sebagai pengganti nasi.

Selain mengonsumsi ubi jalar rebus ini, tentunya kamu juga perlu melakukan olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. Sehingga berat badan dapat turun dan tubuh lebih bugar.

  1. Mengatasi diabetes

Apakah kamu memiliki penyakit diabetes? Mengonsumsi ubi jalar rebus sebagai makanan pengganti nasi juga bisa. Kalori ubi rebus memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantuk resistensi insulin pada penderita diabetes.

Jika dikonsumsi secara teratur, serat-serat dalam ubi jalar dapat mengendalikan kadar gula darah yang ada pada penderita diabetes.

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Ubi rebus juga dapat mencegah tekanan darah tinggi. Hal itu karena ubi merupakan makanan yang mengandung potassium yang baik untuk menangani risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya.

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol jahat yang berlebih pada tubuh dapat menyebabkan penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya. Mengonsumsi ubi rebus ternyata dapat menurunkan kolesterol atau LDL dalam tubuh. Sehingga penyakit jantung dapat dicegah.

Namun, secara umum diketahui bahwa makan ubi jalar rebus baik untuk tubuh, jadi tidak ada salahnya mencoba. Kalorinya relatif rendah sehingga dapat mendukung penurunan berat badan.