Manfaat Kopi Tanpa Gula, Dapat Menurunkan Berat Badan

Selain teh, kopi adalah salah satu jenis minuman favorit banyak orang. Saat ini kopi banyak disajikan dengan bahan lainnya, seperti susu dan gula. Faktanya, kopi yang dikonsumsi tanpa bahan lainnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat kopi tanpa gula atau black coffee untuk tubuh?

kopi tanpa gula

Banyak orang yang tidak menyukai kopi karena rasa pahitnya. Itulah alasannya kopi dicampur dengan gula. Padahal, ada banyak manfaat kopi tanpa gula yang baik untuk kesehatan. Kopi yang dikonsumsi tanpa campuran apa pun, seperti gula, susu, atau krim disebut dengan black coffee atau kopi hitam.

Jika kamu mengonsumsi black coffee atau kopi hitam tanpa tambahan apa pun berarti kamu juga ikut menghilangkan kalori, lemak, dan gula yang menyertainya. Hal ini tentunya memungkinkan kamu mendapatkan berbagai macam manfaat kopi untuk kesehatan tanpa bahan tambahan yang tidak sehat lainnya.

Manfaat kopi tanpa gula antara lain:

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat kopi tanpa gula yang pertama, yaitu menurunkan berat badan. Kopi tanpa gula atau kopi hitam termasuk ke dalam minuman bebas kalori. Kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang metabolisme, meningkatkan energi, dan menekan rasa lapar.

  1. Meningkatkan energi

Kandungan kafein dalam kopi hitam dapat merangsang sistem saraf dalam tubuh. Ketika mengonsumi kopi, kadar adrenalin dalam darah di tubuh meningkat. Tubuh pun mendapatkan energi penuh dan siap untuk melakukan aktivitas fisik yang intens.

  1. Mengurangi risiko penyakit diabetes

Manfaat kopi tanpa gula selanjutnya, yaitu mengurangi risiko penyakit diabetes. Kopi hitam dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang mengatur kadar glukosa darah. Hal ini membuat peluang tubuh terkena diabetes tipe 2 mengecil.

  1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kopi tanpa gula jika tidak dikonsumsi secara berlebihan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Minuman ini dapat merangsang metabolisme dalam tubuh yang tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Metabolisme yang meningkat dapat mencegah penumpukan lemak dan kolesterol sehingga tersumbatnya arteri bisa dicegah.

  1. Menyehatkan organ hati

Konsumsi kopi hitam tanpa gula juga dapat mengurangi tingkat enzim organ hati berbahaya yang ditemukan dalam darah. Tidak hanya menyehatkan organ hati, kopi hitam juga mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis hati.

  1. Membantu mencegah risiko kanker

Manfaat kopi tanpa gula, krim, atau susu juga dapat mencegah terserang penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam kopi dapat melindungsi sel dalam tubuh dari molekul berbahaya yang disebut radika bebas. Efeknya, tubuh dapat tercegah dari risiko kanker, seperti kanker hati, usus besar, dan payudara.

  1. Mencegah penyakit Alzheimer

Kopi tanpa gula atau kopi hitam ternyata juga mencegah penyakit Alzheimer dan penyakit demensia lainnya. Adapun manfaat kopi hitam, seperti menjaga kesehatan otak dan saraf, serta meningkatkan daya ingat sehingga Alzheimer dapat dicegah.

  1. Mood booster

Manfaat kopi tanpa gula lainnya, yaitu sebagai mood booster. Kandungan kafein dalam minuman ini merupakan stimulan yang dapat meningkatkan suasana hati. Jika suasana hati baik, maka risiko depresi dan stres dapat dikurangi.

  1. Mencegah penyakit Parkinson

Minum kopi tanpa gula atau tambahan lainnya ternyata juga dapat mencegah terserang penyakit Parkinson. Beberapa penelitian menunjukkan, konsumsi kopi hitam yang tidak berlebihan dapat mengontrol gerakan tubuh dengan lebih baik. Para ilmuwan berpendapat kafein berkaitan dengan manfaat ini.

  1. Mengurangi risiko sirosis

Konsumsi kopi tanpa gula juga dapat mengurangi risiko penyakit sirosis, penyakit yang menyerang organ hati. Minuman ini dapat mengurangi risiko penyakit sirosis hati stadium akhir, terutama jika kerusakannya disebabkan oleh alkohol.

Apakah minum kopi tanpa gula baik untuk kesehatan?

Kesimpulannya, minum kopi tanpa gula baik untuk kesehatan tapi jika dikonsumsi secara tidak berlebihan. Lalu, seperti apa kopi yang baik untuk kesehatan? Kamu bisa membeli kopi mulai dari biji mentah hingga kopi yang siap seduh. Jika kamu ingin mencoba beralih ke kopi hitam, pilihlah kopi yang segar dan berkualitas tinggi.

Efek samping minum kopi tanpa gula

Selain manfaat kopi tanpa gula, ternyata ada juga efek samping kopi tanpa gula jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek samping minum kopi tanpa gula jika tidak dikontrol konsumsinya antara lain:

  1. Terlalu banyak konsumsi kopi hitam dapat menyebabkan kecemasan atau stres
  2. Konsumsi kopi berlebih sebelum tidur dapat mengganggu rutinitas tidur
  3. Kafein yang ada dalam kopi dapat menyebabkan hiperasiditas
  4. Terlalu banyak kopi membuat tubuh kamu sulit menyerap mineral dari makanan sehari-hari

Sudah tahu bukan sekarang apa saja manfaat kopi tanpa gula untuk tubuh? Semua makanan dan minuman termasuk kopi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek samping yang buruk pada tubuh. So, pastikan tidak berlebihan minum kopi setiap harinya!