Manfaat Naik Turun Tangga Sertiap Hari

Naik turun tangga, aktivitas yang cocok untuk Anda yang sibuk. Ini manfaat naik turun tangga untuk kesehatan, salah satunya mengontrol gula darah.  Membiasakan diri naik turun tangga ternyata dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat hebat naik-turun tangga setiap hari

Terlebih, naik turun tangga bisa menjadi cara efektif guna mengganti waktu olahraga yang mungkin terlewatkan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar setiap orang dewasa melakukan olahraga minimal 150 menit dalam seminggu.  Jumlah tersebut dapat dibagi menjadi beberapa sesi dalam seminggu, yakni setidaknya 30 menit setiap hari. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga setiap hari.

Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berolahraga, cobalah untuk menyiasatinya dengan cara lain, yakni naik turun tangga.  Salah satunya dengan membiasakan diri menggunakan akses tangga di berbagai fasilitas umum. Misalnya, di kantor, jembatan penyeberangan, terminal atau stasiun transportasi umum, atau hanya sekadar naik turun tangga di rumah.

inilah beberapa manfaat hebat yang bisa Bunda dapat dari naik-turun tangga secara rutin:

  • Menguatkan jantung dan paru-paru
  • Menguatkan otot, tulang, dan persendian
  • Menurunkan risiko stroke
  • Mengendalikan gula darah
  • Memelihara kesehatan otak
  • Mendukung kesehatan mental
  • Menurunkan berat badan

Menjadikan naik-turun tangga sebagai olahraga rutin, Bagi kamu yang berniat untuk menjadikan naik-turun tangga sebagai aktivitas olahraga yang rutin dilakukan setiap hari, baik di rumah maupun di kantor. Maka mempersiapkan beberapa hal berikut, untuk mendukung aktivitas ini akan lebih memberikan manfaat yang optimal:

Gunakan sepatu yang aman dan nyaman. Pastikan leher rileks dan tegak ketika naik turun tangga.  Pastikan bahu rileks dan punggung harus tegak, karena punggung yang melengkung akan menimbulkan nyeri.  Ketika melangkah seluruh permukaan kaki harus berada di anak tangga.  Jangan terlalu “membanting” kaki, karena dapat mencederai pergelangan kaki dan lutut.  Fokus melihat anak tangga sepanjang waktu.

Jangan gunakan beban tangan karena dapat meningkatkan risiko cedera dan tidak memberikan manfaat lebih.  Awali sesi naik turun tangga dengan perlahan. Beristirahatlah jika diperlukan. Bagaimana tertarik untuk mencoba olahraga ini? Pastikan kalau Bunda tidak memiliki penyakit tertentu sebelum mencobanya, ya. Selain itu, Bunda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang mengetahui rekam medis atau riwayat kesehatan Bunda, sebelum mencoba olahraga ini. Agar sesi olahraga aman dan bisa memberikan manfaat yang optimal. Selamat mencoba.