Mengenal Centella Asiatica Manfaat Serta Tips Penggunaannya

Pernah memakai centella asiatica atau daun pegagan sebelumnya? Jenis daun herbal ini tumbuh subur dan banyak digunakan sebagai salah satu bahan aktif skin care. Mempunyai kulit yang sehat dan cantik tentu menjadi dambaan semua wanita ya. Bahan skincare yang kerap digunakan adalah centella asiatica.

Mengenal centella asiatica

Centella asiatica adalah nama ilmiah untuk daun pegagan. Daun pegagan berbentuk seperti kipas dengan warna daun hijau dan umumnya digunakan untuk tujuan pengobatan. Daun pegagan sering dianggap sebagai obat tradisional seperti gotu kola atau daun tapak kuda.

Tanaman ini berperan sebagai antimikroba, antivirus, dan antioksidan. Masih berasal dari keluarga Apiaceae yang mengandung senyawa bioaktif. Daun pegagan mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan untuk tubuh. Apa saja kandungan dalam daun pegagan ini?

Kandungan centella asiatica

Manfaat centella asiatica bisa dilihat dari kandungannya yang sangat bermanfaat untuk tubuh, menurut Biodiversity for Food and Nutrition, dalam 100 gram tanaman centella asiatica mempunyai kandungan dan nutrisi sebagai berikut:

  • 318,95 miligram (mg) kalsium
  • 9,35 mg zat besi
  • 47,4 mg magnesium
  • 468,59 mg kalium
  • 32,96 mg natrium
  • 2,3 mg zinc
  • 5984 mikrogram (mcg) beta karoten
  • 498,4 mcg vitamin A
  • 15,43 mcg vitamin C

Kandungan daun pegagan ini sarat akan nutrisi vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari daun pegagan ini?

Manfaat centella asiatica

Daun pegagan dikenal sebagai tanaman yang penuh manfaat. Berikut ini adalah manfaat daun pegagan untuk kesehatan kulit dan tubuh:

  1. Cegah penuaan dini

Centella asiatica dapat mencegah penuaan dini. Daun mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan protein untuk jaringan kulit tubuh, pembentukan kolagen dan sebagai produk anti aging alami.

Penggunaan daun pegagan ini dapat digunakan melalui produk skin care atau suplemen.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Daun pegagan membantu mempercepat proses luka karena mengandung triterpenoid. Senyawa ini membantu meningkatkan antioksidan, meningkatkan suplai darah ke area luka dan memperkuat jaringan kulit. Daun ini mempunyai efek penyembuhan pada berbagai luka.

  1. Mengurangi stres dan cemas

Tanaman daun pegagan dikenal dapat meningkatkan mood sehingga baik untuk depresi, stres, dan kecemasan berlebih yang dialami.

Manfaat centella asiatica dalam bentuk suplemen bisa dikonsumsi untuk mencegah gangguan tidur dan kecemasan yang kerap datang.

  1. Membantu fungsi kognitif

Ekstrak daun pegagan ternyata mampu digunakan sebagai penambah daya ingat pada pasien stroke. Masih ada penelitian lebih lanjut mengenai fungsi dan manfaat daun pegagan untuk manfaat daya ingat.

  1. Mengobati masalah kulit

Senyawa pentacyclic triterpenes, asiaticoside, dan asiatic acid dalam daun pegagan sangat baik untuk mengobati masalah kulit.

Ekstrak daun ini dapat merangsang pembelahan sel kulit sehat dan pembentukan jaringan sel kulit. Kulit bisa terlindungi dari jaringan parut, kerusakan karena sinar matahari dan selulit.

  1. Memudarkan stretch mark

Senyawa dalam daun pegagan bernama triterpenoid dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi stretch mark. Kamu bisa oleskan ekstrak daun pegagan pada daerah stretch mark.

  1. Redakan nyeri sendi

Manfaat centella asiatica memiliki sifat anti inflamasi yang berguna dalam pengobatan radang sendi atau arthritis. Jenis daun herbal ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, erosi tulang rawan dan erosi tulang yang menimbulkan nyeri pada sendi.

  1. Menghidrasi kulit

Kandungan dalam daun pegagan seperti bioaktif alami, saponin triterpenoid, asam amino, gula, flavonoid dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, mempertahankan kelembaban dan mencegah penguapan air pada kulit.

  1. Mengurangi jerawat

Daun pegagan mempunyai efek menenangkan kulit sehingga dapat mengurangi peradangan yang disebabkan masalah jerawat sekaligus dapat melembabkan kulit.

Bahan yang tidak boleh dipakai bersamaan dengan Centella asiatica

Manfaat centella asiatica atau daun pegagan memang cukup banyak, apalagi manfaatnya terhadap kesehatan kulit. Daun ini sangat baik sebagai salah satu kandungan skin care yang bisa membantu kulit mendapatkan kondisi terbaiknya.

Secara umum, daun pegagan dapat digunakan dengan jenis skin care dengan jenis bahan aktif apapun. Namun, jenis tanaman herbal ini kurang baik efeknya jika digunakan bersama niacinamide (zat turunan dari vitamin B3/niacin) karena dapat membuat kulit iritasi.

Oleh karena itu penting mengetahui kandungan apa saja dalam skin care yang kamu gunakan agar tidak sembarangan dalam mencampurnya.

Tips penggunaan skincare centella asiatica

Manfaat centella asiatica tentunya bisa dirasakan dengan maksimal apabila kamu dapat menggunakan jenis skin care ini dengan sesuai. Lakukan beberapa tips skin care berikut ini:

Ketahui apakah jenis kulit kamu alergi terhadap centella asiatica atau tidak, jika tidak, maka dapat diteruskan sebagai salah satu tahapan skin care dan dapat digunakan bersamaan dengan jenis skin care lain.

  • Gunakan pelembab yang aman, tidak berwarna, tidak mengandung parfum.
  • Jangan mencampurkan centella asiatica dengan niacinamide karena dapat menyebabkan iritasi. Dalam centella asiatica mengandung flavonoid, terpenoid, saponin dan phenolic acid yang kurang baik jika bertemu dengan niacinamide.
  • Centella asiatica dapat digunakan untuk orang dewasa dan aman jika digunakan dalam batas yang wajar.
  • Paparan senyawa centella asiatica dalam jumlah besar dapat menyebabkan reaksi alergi kulit sehingga harus dikonsultasikan dulu dalam pemakaiannya.
  • Jika mengalami efek samping sepert sakit perut, pusing, atau sakit kepala maka wajib berkonsultasi dan meminta rekomendasi dari dokter

Manfaat centella asiatica dapat dirasakan untuk kesehatan kulit. Tentunya penggunaan centella asiatica yang aman bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan aman dan alami. Namun, jika mengalami efek samping buruk, konsultasi dan minta rekomendasi dokter agar penggunaan centella asiatica bisa tepat dan maksimal dirasakan.