Mengenal Ciri Khas Burung Macaw

Burung ini sangat berharga secara finansial. Harga eceng gondok macaw atau hyacinth macaw bisa mencapai setengah milyar rupiah. Salah satu anggota keluarga parrot adalah burung macaw. Bubur ini bukan dari Indonesia. Habitat alami burung macaw adalah hutan di Amerika bagian Utara (Mexico), Tengah, dan Selatan. Macaw cuban (Ara tricolor) dan macaw saint croix (Ara autochthones) juga tinggal di wilayah Karibia.

Burung macaw memiliki bulu ekor yang panjang dan juga paruh yang panjang dan kuat, yang secara anatomis memang didesain agar dapat digunakan untuk memecah kulit kacang yang keras. Burung ini memiliki ciri khas, yaitu warna yang cerah dan beraneka warna menarik sesuai jenisnya.

Macaw merupakan burung dari tribus Arini yang merupakan anggota famili Psittacidae. Burung ini dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu macaw besar dan macaw kecil/mini. Macaw besar meliputi spesies Ara,  Anodorhynchus, dan Cyanopsitta, didalamnya termasuk macaw biru hyacinth, serta jenis yang dilindungi, yaitu lear’s macaw dan spix’s macaw. Macaw mini meliputi jenis Diopsittaca, Orthopsittaca, dan Primolius.

Di dunia, terdapat 18 jenis macaw dan beberapa di antaranya termasuk ke dalam spesies yang dilindungi. Jenis yang boleh dipelihara adalah jenis macaw blue and gold (Ara ararauna), macaw green winged (Ara chloropterus), macaw hahn (Diopsittaca nobilis nobilis), macaw hyacinth (Anodorhynchus hyacinthinus), macaw scarlet (Ara macao), macaw military (Ara militaris), dan macaw severe (Ara severus).

Burung ini biasanya memiliki berat antara satu sampai dua kilogram dengan sayap yang lebarnya hingga 152 cm. Jenis hyacinth adalah yang paling panjang, yaitu bisa mencapai sekitar 1 meter. Macaw adalah burung besar bersuara besar dan lantang. Burung ini termasuk kedalam talking bird, meskipun tak sebaik Amazon atau African grey. Burung ini dapat mengerti dan menirukan beberapa kata yang diajarkan padanya.

Burung ini ramah terhadap manusia, cerdas, lincah, dan interaktif sehingga mudah dilatih. Burung ini cenderung suka menggigit, terutama mainan yang terbuat dari kayu. Hal ini dilakukan guna mengasah kekuatan paruh. Burung macaw enceng gondok bisa memecahkan batok kelapa menggunakan paruhnya.

Burung ini membutuhkan sangkar yang cukup luas dan tinggi untuk mencegah ekornya mencapai dasar lantai kandang atau tertekuk, dimana hal ini bisa menyebabkan kerusakan atau patah pada bulunya.

Burung macaw di habitat aslinya adalah burung yang bisa memakan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, bunga dan nektar bunga, serta beberapa jenis daun-daunan.  Nutrisi yang dibutuhkan oleh burung ini berbeda dibandingkan untuk parrot lainnya. Karena tubuhnya yang besar, burung ini membutuhkan lemak yang lebih banyak sebagai sumber energi.

Burung ini sangat rentan terhadap kondisi kerusakan bulu yang dapat disebabkan karena kebiasaannya  mencabut bulu yang disebabkan karena bosan atau kekurangan mineral tertentu. Pemeriksaan kesehatan secara rutin akan membantu menjaga kesehatan macaw sejak dini.

Pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk kandang macaw yang luas dan berbagai mainan macaw jika Anda ingin memelihara burung ini di rumah. Burung cepat bosan, jadi berikan mereka cukup mainan dan tempat yang menarik untuk bermain dapat membantu mereka tidak cepat bosan. Selain itu, karena dia sudah tua, perawatan rutin diperlukan. Burung macaw biasanya dapat hidup selama lima puluh hingga tujuh puluh tahun.