Mengenal Ciri Khas Tanaman Hias Ketapang Biola

Pohon ketapang adalah pohon peneduh yang berdaunnya unik dan dapat tumbuh setinggi rumah. Pohon ketapang biola (Ficus lyrata), salah satu jenisnya, berasal dari Afrika Barat dan dapat tumbuh lebih tinggi di luar rumah. Jenis pohon ketapang ini, berbeda dengan jenis pohon ketapang lainnya, cocok untuk ditanam sebagai tanaman hias di rumah karena potnya dapat diatur lebih tinggi.

Warna daun tanaman ini terdiri dari hijau tua atau hijau pekat. Daun ketapang biola ini kelebarannya dapat mencapai 15 sampai 30 sentimeter, sedangkan untuk panjangnya mulai dari 25 sampai 45 sentimeter. Daunnya cenderung kasar karena urat daun dari ketapang biola menonjol dan bergelombang. Warna batangnya cokelat kehitaman dengan batang yang keras dan kasar.

Kamu bisa mulai menanam Ketapang Biola dengan menggunakan biji dari buah Ketapang yang sudah tua. Penanaman bisa dilakukan kapan saja diinginkan. Caranya dengan membelah buah lalu mengambil bijinya. Kemudian, jemur biji di bawah sinar matahari selama kurang lebih 5 sampai 6 jam. Pindahkan biji ke tempat teduh sebelum memulai proses penanaman kurang lebih 24 jam atau satu hari. Barulah kamu bisa menanam biji ketapang ke dalam pot yang sudah disiapkan atau pun menggunakan polybag.

Cara menanam ketapang biola dengan menggunakan media tanam yang lembap, tetapi tidak digenangi air. Tanah yang digunakan untuk menanam ketapang biola adalah tanah pupuk dengan ukuran pot minimal 30 cm agar tanaman ini bisa tumbuh subur. Sebaiknya, ketapang yang ditanam di outdoor tidak terlalu dekat dengan bangunan karena akarnya yang menjalar dapat merusak bangunan.

Tanaman ini menyukai kelembapan ekstra. Jadi, pastikan untuk menyiramnya secara teratur untuk pohon yang berada dalam ruangan. Beri jeda untuk membiarkan tanah sedikit mengering sebelum menyiramnya lagi. Jika di luar ruangan penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan dengan melihat kondisi media tanam.

Perawatan yang perlu dilakukan saat tanaman ini mulai rindang dan rimbun adalah pemangkasan. Tujuannya agar tanaman ini bisa tumbuh dengan lebih rapi. Lakukan pemangkasan ini secara rutin minimal 3 bulan sekali.

Saat Anda mendapati ada bagian ketapang yang layu, segera lakukan pemotongan di bagian atas batangnya. Ini akan membuat bagian bawah ketapang yang masih sehat bisa terus tumbuh dengan subur. Solusi ini juga mencegah ketapang agar tidak mati, bahkan daunnya bisa menjadi lebih lebat daripada sebelumnya.

Jika ditanam dalam rumah, masukkan ketapang biola ke dalam ruangan di rumah yang terkena cukup cahaya. Buat yang menanamnya di dalam ruangan gelap sebaiknya menjemur secara berkala tanaman ini. Selain itu lakukan pemupukkan secara rutin dengan menggunakan pupuk guano yang cara pemberiannya dimasukkan ke dalam media tanamnya dengan merata.

Sebagai tanaman hias daun, maka perlu diberikan perawatan khusus pada daun ketapang biola. Perawatan pada bagian daun ini untuk membuat penyerapan cahaya matahari bisa lebih baik. Sesekali bersihkan daunnya dengan lembut untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Gunakan lap kain microfiber, kapas, atau kain apa saja yang lembut untuk mengelap daunnya. Beri sedikit air agar lembap, tapi jangan terlalu basah. Dengan demikian, daun ketapang biola yang terkena debu atau kotoran bisa kembali bersih dan terlihat pesonanya