Mengenal Fakta Dan Ciri Khas Kucing Ashera

Karena fakta bahwa kucing sangat umum di berbagai tempat tinggal, hampir semua orang di dunia mengetahui hewan ini. Hewan peliharaan ini juga sering digambarkan sebagai ras yang penuh kasih sayang, membuatnya menjadi sahabat manusia.

Habitat awal kucing ini dapat dianggap sebagai bukti bahwa populasinya terus meningkat selama kehidupan manusia. Selain membantu menjaga hunian dari hewan pengerat seperti tikus, kehadiran kucing ini juga dimaksudkan untuk menjaga generasinya.

Pencinta kucing mungkin tidak asing lagi dengan jenis kucing yang unik ini. Banyak orang, terutama pecinta kucing di seluruh dunia, menginginkan kucing Ashera.

Kucing Ashera adalah salah satu jenis kucing yang cukup langka dan jarang ditemukan di rumah. Kucing Ashera belum sepopuler sekarang karena mereka berasal dari garis keturunan macan tutul Asia, Bengal, dan Serval Afrika. Kucing Ashera memiliki garis keturunan genetik bawaan yang sebagian besar terdiri dari gen generasi pertama atau kedua (F1 dan F2).

Ternyata, jenis kucing ini adalah salah satu yang paling mahal di dunia. Karena itu, perusahaan yang mengasuh kucing Ashera hanya menghasilkan lima ekor setiap tahun, dan mereka mengklaim bahwa kucing jenis ini tidak menimbulkan alergi atau dapat dipelihara oleh orang yang alergi terhadap bulu mereka. Namun, apakah itu benar?

Karena banyak kontroversi tentang jenis kucing Ashera, salah satunya yaitu perusahaan yang memproduksi kucing ini tutup pada tahun 2008 karena ada seorang peneliti yang menemukan jenis kucing ini identik dengan jenis kucing Savannah dan berbagai macam kontroversi lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa jenis kucing ini sangat langka, karena dalam satu tahun hanya diproduksi lima ekor anak kucing saja dan yang bertanggung jawab atas penciptaan jenis kucing ini adalah perusahaan Lifestyle Pet Co. Fakta menariknya, mereka sudah berhenti memproduksi pada Juni 2008, sehingga harganya mencapai 17 ribu hingga 25 ribu dolar atau setara dengan 1,7 miliar.

Namun, seseorang pencetus kucing Ashera ini diduga terlibat di beberapa kasus kejahatan seperti membawa kabur uang, pemalsuan identitas, mantan napi, dan kalin tanpa dasar penelitian.

Selain itu, sebelum dikirimkan ke alamat pemiliknya, kucing jenis ini akan divaksinasi dan diberikan chip. Kucing Ashera juga sudah disteril sebelum datang ke rumah baru mereka, sehingga hal itu bisa membantu untuk menjaga genetic pada kucing.

Meskipun kucing Ashera ini diambil dari beberapa genetika wild cats, tetapi kucing ini juga sangat tenang dan santai. Jenis kucing Ashera mencolok tak hanya dari corak bulunya saja, tapi juga ukurannya yang besar, yakni dua kali lipat dari kucing rumahan biasa.

Ada beberapa jenis kucing Ashera, salah satunya adalah Common Ashera. Common Ashera ini mempunyai warna krem atau kuning kecoklatan dengan bintik coklat yang berbeda. Kecantikan dari kucing yang satu ini terlihat dari bulu dan juga wajahnya yang masih menurunkan gen wild cat.

Kemudian, juga ada jenis Hypoallergenic Ashera yang dikembangkan supaya orang-orang yang memiliki alergi pada bulu kucing tetap bisa memeliharanya. Hal itu karena kucing Ashera tidak mempunyai protein Fel d1 yang bisa menyebabkan alergi pada manusia. Ada pula jenis Snow Ashera, dimana pola kucing ini sama dengan Common Ashera, namun warna utamanya putih dengan bercak orange atau kuning.

Fakta-Fakta Kucing Ashera

Jika kamu belum pernah mendengar tentang ras kucing Ashera, ciri utama dan juga tanda umum yang ada pada hewan tersebut hampir mirip dengan kucing langka lainnya.

  1. Berat Badan dan Panjang Tubuh yang Lebih Besar

Adapun beberapa ciri umum dari kucing Ashera ini mudah untuk dilihat dari postur tubuh mereka yang lebih besar jika kamu membandingkannya dengan kucing lokal. Selain itu, diameter panjang tubuh mereka minimal bisa mencapai 1 meter dan berat badannya sekitar 12 hingga 14 kg.

  1. Terlihat Kokoh dan Berisi

Kucing Ashera juga tampak lebih kokoh dan berisi, itulah deskripsi awal yang terlihat dari mereka. Penampilan kucing Ashera yang sedemikian berbeda dengan kucing pada umumnya membuat tampilannya lebih anggun, elegan, dan eksotis.

  1. Kulitnya yang Unik

Ciri yang tidak biasa lainnya yang ada pada kucing Ashera terdapat pada mantel bulu mereka yakni ciri khas bintik halus yang alami seperti macan Asia, Serval Afrika, dan Bengal.

Ciri-ciri kucing Ashera sebagai ras langka dan mahal ini mengundang rasa ingin tahu para pecinta kucing untuk mengenalnya lebih dekat. Beberapa tanda yang menjadi ciri umum dari kucing ini di antaranya yaitu kepala kecil menyerupai baji dengan telinga yang agak lebar ke atas. Adapun ciri khusus lain dari kucing Ashera yang sedikit dimiliki kucing biasa yaitu warna mata mereka yang keemasan atau kehijauan.

  1. Kepribadian Umum Kucing Ashera

Seberapa menarik kepribadian kucing Ashera sebagai ras langka dan mahal ini? Minat dari pencinta kucing yang tertarik memelihara kucing ini biasanya ingin mengetahui kepribadian yang ada pada jenis kucing Ashera. Apabila kamu belum mengenal kepribadian kucing jenis ini, hewan ini memiliki karakter yang menyenangkan dan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan ras lain.

Misalnya saja, kucing Ashera adalah salah satu dari beberapa ras kucing yang dapat hidup berdampingan dengan manusia dewasa dan juga anak-anak. Lebih dari itu, kucing Ashera juga mempunyai adaptasi yang baik dengan ras hewan lain apabila dilatih dengan benar. Sebagian besar kehidupan ras kucing langka ini jarang bermasalah dalam hal komunikasi dengan kucing lain. Bahkan, mereka dapat berteman dengan ras hewan lain seperti hamster, anjing, dan juga ikan.

Kehidupan kucing Ashera di dalam rumah yang ditinggali oleh orang biasanya bisa dilalui dengan santai. Misalnya saja, kucing jenis ini lebih suka tidur, bermain, hingga duduk di pangkuan majikan yang mereka cintai.

Adapun beberapa kegiatan lain yang dapat kamu kerjakan bersama dengan kucing Ashera adalah berjalan di luar rumah untuk mengisi waktu bersama mereka. Meski begitu, tetap disarankan untuk melakukan antisipasi dengan tali kekang guna mencegah mereka berlarian melampiaskan kesenangan mengejar yang mereka suka.

Rata-rata kucing Ashera ini memiliki kebiasaan hampir sama dengan kucing lain dalam memburu objek, mengendus, dan bersembunyi di suatu tempat. Karakter lain dari kucing ini adalah mereka bisa mempelajari wilayah yang dianggap sebagai area kekuasaannya dengan berkeliling. Watak dari kucing Ashera ini dikenal tidak takut dan penuh percaya diri.