Mengenal Intercourse Serta Tahap-Tahapannya

Setiap individu, bersama pasangannya, menginginkan hubungan seksual yang menyenangkan dan menggairahkan. Kondisi ini pasti akan membuat kegiatan seksual ini lebih intim sehingga Anda dapat mencapai puncak kenikmatan atau ejakulasi.

Kegiatan intercourse sering dikaitkan dengan kegiatan menyenangkan yang dilakukan oleh pasangan ini saat berhubungan seks. Melakukan hubungan seksual dengan pasangan membutuhkan beberapa langkah. Apa saja langkah-langkahnya? Lihat selengkapnya di lokasi ini.

Apa itu intercourse?

Intercourse adalah kontak seksual antar individu yang melibatkan penetrasi penis masuk ke dalam vagina hingga terjadi ejakulasi. Intercourse juga sering disebut dengan berhubungan seks. Intercourse atau coitus mempunyai tahapan yang dapat digambarkan secara lebih mendalam.

Seks vagina biasanya berlangsung 3-7 menit menurut survey anggota yang dilakukan oleh Society for Sex Therapy and Research pada tahun 2005. Seks vagina dengan durasi 2 menit terlalu singkat dan 10-30 menit dianggap terlalu lama.

Terdapat siklus respon seksual yang sebagaimana para ahli gambarkan tentang apa yang terjadi pada tubuh saat berhubungan seksual. Tahapan dalam intercourse dapat digambarkan dalam beberapa definisi berikut ini.

Tahapan-tahapan intercourse

Intercourse adalah kegiatan yang melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut merupakan respon dan cara tubuh dalam berhubungan seksual antara seseorang dengan pasangan.

Menilik pada tahun 1966, peneliti seks William Masters dan Virginia Johnson mendefinisikan intercourse dalam 4 tahapan, yaitu:

  1. Excitement

Pada tahapan bercinta ini, kamu dan pasangan akan merasakan semangat yang mendalam hingga merasakan jantung berdebar, napas yang lebih berat dan kulit yang memerah.  Pada tahapan ini, darah akan mengalir ke kelamin dan menyebabkan klitoris membengkak dan penis ereksi. Puting payudara akan mengeras dan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan lubrikasi. Otot di seluruh tubuh akan menegang dan meningkatkan gairah seksual pada tahapan seks ini.

  1. Plateau

Terdapat sejumlah perubahan dalam tubuh yang terasa semakin intensif. Pernapasan, detak jantung hingga tekanan darah akan meningkatkan ketegangan otot. Vagina mulai membengkak dan mengubah dinding vagina menjadi lebih gelap. Klitoris akan menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan dan testis tertarik ke atas.

  1. Orgasm

Tahap intercourese selanjutnya adalah orgasme. Orgasme adalah merupakan gairah seksual yang mencapai puncaknya. Serangakan kontraksi otot yang intens saat tubuh melepas ketegangan. Otot vagina dan rahim mengalami kontraksi. Otot pada pangkal penis mengencang dan pada akhirnya akan melepaskan air mani dalam ejakulasi.

  1. Resolution

Resolusi merupakan tahapan saat tubuh kembali ke kondisi semula sebelum berhubungan seks. Otot menjadi lebih rileks dan napas tenang. Ukuran penis dan vagina akan kembali seperti semula, begitu pula dengan warna aslinya. Perasaan tenang, lelah namun puas akan terasa.

Tahapan atau siklus ini menjadi cara yang sederhana untuk dapat menggambarkan respon seksual manusia. Namun memang pada kenyataannya, tubuh manusia dan pikirannya adalah hal yang unik dan berbeda pada masing-masing orang.

Mungkin saja respon seks ini tidak selalu dilalui dalam 4 tahapan ini, bisa jadi kurang atau bahkan lebih. Respon seksual menjadi sangat unik dan tergantung dari kondisi setiap orang. Misalkan kamu sudah lama menginginkan hubungan seksual dengan seseorang, jika terjadi, maka fase gairah mungkin lebih cepat terjadi, lain halnya dengan kasus pasangan yang mungkin sudah bersama bertahun-tahun dan perlu sedikit waktu untuk kembali membangun gairah bersama.

Tips agar intercourse semakin menyenangkan

Intercourse dilakukan saat pasangan memang sedang ingin bercinta. Faktor tidak ingin bercinta tentu akan membuat permainan terasa hambar dan kurang menyenangkan. Berikut ini terdapat beberapa tips untuk seks yang lebih bergairah dan menyenangkan:

  1. Mencoba gaya seks yang baru

Aktivitas seksual yang itu-itu saja bisa membuat kamu dan pasangan bosan. Cobalah untuk melakukan kegiatan atau pengalaman baru dalam intercourse seperti menggunakan mainan seks, memakai kostum/role play, menggunakan tempat baru untuk bercinta.

  1. Fantasi yang melampaui batas

Fantasi liar akan semakin membuat kegiatan seksual kamu menjadi lebih menyenangkan. Utarakan apa yang kamu dan pasangan inginkan dan cobalah untuk memuaskan pasangan dengan cara yang sama sekali berbeda.

Melakukan intercourse dengan pasangan bisa jadi makin menggairahkan. Pasangan mungkin akan kaget dengan tingkah kamu dan menjadi lebih bergairah, begitupun kamu sebaliknya.

  1. Jadwalkan kegiatan romantis bersama

Untuk membuat kegiatan seksual menjadi lebih panas dan menantang, coba lakukan kegiatan romantis bersama pasangan sebelum memulai intercourse seperti mandi bersama atau saling pijat satu sama lain.

Dengan begitu tubuh akan lebih rileks dan siap berhubungan dengan pasangan.

  1. Bercinta seperti remaja

Buatlah suasana bercinta seperti gairah remaja yang meledak, ciuman yang seksi, foreplay yang enjoy, atau saling bercerita tentang fetish seks masing-masing. Gunakan kekuatan ini untuk menuju tahapan intercourse dengan gairah yang tinggi bersama pasangan.

  1. Tonton film panas bersama

Film dewasa bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasrat dan variasi dalam bercinta. Mencoba suatu adegan bak bintang film panas pun sepertinya tak masalah jika dilakukan bersama pasangan.

Jika ada masalah kesulitan dalam melakukan tahapan ini, kamu dan pasangan bisa mulai berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Intercourse akan lebih menyenangkan dan hubungan akan terasa lebih bahagia bersama pasangan.