Mengenal Kandungan Bioplacenteon Memiliki Baik

Manfaat bioplacenton untuk wajah memang belum terbukti secara ilmiah. Namun dilihat dari peringatan penggunaan dan kandungan di dalamnya, beberapa manfaat bioplacenton untuk wajah berikut mungkin bisa kamu dapatkan.

Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan atau saran dokter. Jika kamu tidak hati-hati, mungkin akan mengancam kesehatanmu. Bioplacenton sendiri adalah obat luka bakar, ulkus kronis, penyembuhan lambat dan luka granulasi lambat, infeksi kulit lainnya, dan masih banyak lainnya.

Obat bioplacenton adalah gel yang termasuk ke dalam kelas terapi antibakteri dengan penggunaan topikal. Artinya, obat tersebut hanya digunakan untuk bagian luar atau pada kulit saja, Bioplacenton tersedia dalam kemasan 15 gram dengan kandungan placenta ekstrak 10 persen yang mengandung stimulator biogenic.

Kemudian, neomycin sulfate 0,05 persen yang merupakan monografi dari obat bioplacenton yang dikombinasikan dengan ekstrak plasenta. Alhasil, bioplacenton dapat mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan bioplacenteon

Bioplacenton memiliki dua kandungan utama, yakni ekstrak plasenta sebanyak 10 persen dan neomycin sebanyak 0,5 persen. Secara umum efikasi klinis ekstrak plasenta untuk penyembuhan luka telah teruji klinis. Plasenta juga terbukti memainkan peran yang bermanfaat sebagai agen topikal dalam pengelolaan luka kronis yang tidak dapat disembuhkan.

Sifat anti-mikroba ekstrak plasenta mampu melawan sejumlah besar mikroorganisme patologis, terkait dengan pencegahan infeksi sekunder pada luka, telah dibuktikan. Manfaat kesehatan umum lainnya dari ekstrak plasenta ialah memperbaiki pola tidur, relaksasi dan kemampuan mengatasi rasa lelah.

Diketahui bahwa molekul bioaktif dalam plasenta termasuk hormon seperti prolaktin dan oksitosin – hormon yang membantu menyusui dan pembangun ikatan setelah melahirkan, serta memberikan keadaan bahagia dan meningkatkan perasaan sehat dan relaksasi.

Sedangkan neomycin berfungsi sebagai antibiotik yang digunakan untuk mengobati dan mengelola koma hepatic (hilangnya kesadaran akibat penyakit hati tingkat lanjut) dan mencegah efek pembedahan.

Neomycin termasuk dalam kelompok antibiotik yang dikenal sebagai aminoglikosida, yang bekerja dengan menghambat sintesis protein bakteri yang menyebabkan efek bakterisida pada bakteri gram negatif.

Cara penggunaan

Cara menggunakan obat ini sangat mudah. Cukup pastikan kulit yang akan dioles dalam keadaan kering dan bersih. Lalu oleskan krim tipis-tipis. Oleskan setidaknya 4-6 kali sehari. Obat ini hanya untuk pemakaian luar saja. Jika obat ini tidak cocok atau salah penggunaan, efek samping yang mungkin muncul ialah gatal-gatal ruam ruam.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan terkait penggunaan obat ini:

  1. Bioplacenton tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia dua tahun.
  2. Penggunaan Bioplacenton dapat meningkatkan risiko kematian pada janin sebab kandungan neomycin di dalamnya
  3. Bioplacenton hanya boleh digunakan selama kehamilan jika benar-benar dibutuhkan dan atas saran dokter.
  4. Belum diketahui apakah kandungan zat dalam obat ini dapat terserap ke ASI atau tidak. Tanyakan pada dokter untuk saran terbaik.

Manfaat bioplacenton untuk wajah

Sejauh penelusuran penulis, belum ada bukti ilmiah untuk mendukung penggunaan bioplacenton secara khusus pada wajah. Namun dilihat dari peringatan penggunaan dan kandungan di dalamnya, beberapa manfaat bioplacenton untuk wajah berikut mungkin bisa kamu dapatkan.

  1. Mencerahkan Kulit

Ekstrak plasenta bisa memicu aktivitas tirosinase, enzim yang berperan dalam proses sintesis melanin sehingga bisa menentukan warna kulit.

  1. Mencegah Infeksi

Manfaat bioplacenton adalah mencegah peradangan atau risiko infeksi kulit. Hal serupa juga dapat mengatasi masalah di wajahmu. Obat ini akan menghambat produksi protein pada bakteri sekaligus meredam infeksinya.

  1. Mengobati Luka Lecet dan Jahitan

Bioplacenton mampu meminimalisir hingga mencegah terjadinya pengelupasan kulit. Krim ini juga membantu proses pembentukan jaringan baru pada luka lecet dan jahitan pada manusia dan hewan.

Asam amino pada ekstrak plasenta dibutuhkan oleh tubuh termasuk juga organ kulit, untuk membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan juga jaringan ikat penting, misalnya, kolagen dan elastin.

  1. Mengobati Jerawat

Bioplacenton tergolong efektif dan punya proses penyembuhan yang cepat. Berkat kandungan di dalamnya, bakteri penyebab jerawat akan mati dan membuat kulit kembali bersih.

  1. Mencegah Penuaan Dini, Mengangkat Sel Kulit Mati, atasi wajah bopeng dan kering

Salep ini mampu mencegah penuaan dini, mengurangi kerutan-kerutan halus yang mengarah pada penuaan dini.  Berkat kandungan di dalamnya, bioplacenton dapat membantu kulit beregenerasi lebih cepat dan menjaga kulit tetap lembab. Kandungan ekstrak plasentanya juga diyakini memicu sintesis dan pengeluaran cell growth factor.