Mengenal Lapisan Ozon Serta Cara Mencegah Penipisan Lapisan Ozon

Anda mungkin sudah sering mendengar kata “ozon”. Lapisan atmosfer bumi ini sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup di Bumi, dan jika lapisan ini mulai menipis, hal itu akan sangat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup di Bumi. Mengapa mencegah penipisan lapisan ozon sangatlah penting?

Mengenal lapisan ozon

Di bagian bawah atmosfer bumi, lapisan ozon berfungsi sebagai lapisan utama untuk menyerap 97-99 persen radiasi ultraviolet yang dapat merusak kehidupan di Bumi. Tanpa lapisan ini, banyak orang akan terserang penyakit kulit dan kehilangan sistem kekebalan tubuh.

Situs National Geographic melaporkan bahwa banyak bahan kimia telah menyebabkan penipisan lapisan ozon selama tiga puluh tahun terakhir, dan manusia adalah penyebab utamanya. Dua ahli kimia dari Universitas California, Irvine, Mario Molina dan Sherwood Rowland menerbitkan artikel di jurnal Nature pada tahun 1974.

Jurnal tersebut menjelaskan tentang ancaman terhadap lapisan ozon dari gas klorofluorokarbon (CFC). Pada saat itu, CFC biasa digunakan dalam semprotan aerosol dan sebagai pendingin lemari es. Saat mencapai stratosfer, sinar UV matahari memecah CFC menjadi zat seperti klorin. Jurnal ini menyimpulkan bahwa atmosfer memiliki “kapasitas terbatas untuk menyerap atom klorin” di stratosfer.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan A.S., satu atom klorin dapat menghancurkan lebih dari 100.000 molekul ozon sehingga proses menghilangnya ozon jauh lebih cepat daripada penggantiannya. Penelitian Molina dan Rowland ini divalidasi pada tahun 1985, ketika tim ilmuwan Inggris menemukan lubang di lapisan ozon di Antartika yang kemudian dikaitkan dengan CFC.

Cara mencegah penipisan lapisan ozon

Lapisan ozon membantu kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi dengan memberikan perlindungan dari radiasi ultraviolet berbahaya matahari. Untuk mencegah penipisan lapisan ozon, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa cara mencegah penipisan lapisan ozon:

  1. Menghindari penggunaan Ozone Depleting Substances(ODS)

Kamu dapat mulai ikut berkontribusi dalam membantu mengurangi penipisan lapizan ozon dengan menghindari penggunaan zat-zat yang menyebabkan menipisnya lapisa ozon atau ODS. Contohnya, menghindari penggunaan gas klorofluorokarbon (CFC) yang ada pada AC. Matikan AC ketika tidak sedang digunakan atau gunakan kipas angin.

  1. Minimalkan penggunaan kendaraan

Asap atau gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor adalah gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan penipisan ozon. Kamu bisa mulai meminimalkan penggunaan kendaraan dengan lebih banyak berjalan kaki atau menggunakan sepeda ketika tempat yang kamu tuju dirasa cukup dekat.

  1. Gunakan produk ramah lingkungan

Cara mencegah penipisan lapisan ozon yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Cobalah untuk mengurangi penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia seperti korin dan brom. Kedua jenis bahan tersebut dapat masuk ke atmoser dan juga membuat lapisan ozon menipis.

Kamu bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai pembersih, contohnya lemon untuk membersihkan kaca jendela, baking soda untuk membersihkan noda pada pakaian, dan cuka untuk membersihkan lantai berkeramik di kamar mandi atau dapur.

Itulah penjelasan lengkap tentang lapisan ozon dan beberapa cara mencegah penipisan lapisan ozon yang bisa kamu ikuti. Dengan berkontribusi dalam mencegah penipisan lapisan ozon, kamu juga ikut menjaga kelangsungan hidup manusia dan bumi seisinya. Semoga bermanfaat.