Penyebab Flek Hitam Akibat KB

Anda mengalami flek hitam di wajah setelah menggunakan KB? Itu pasti sangat mengganggu penampilan Anda, bukan? Penggunaan KB dalam bentuk pil atau suntik juga memiliki efek samping, termasuk flek hitam di wajah. Sekarang ada banyak cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah akibat kemoterapi.

Penyebab flek hitam

Kulit menghasilkan terlalu banyak melanin, zat yang memberi warna pada kulit, yang dapat menyebabkan flek hitam. Hormon estrogen dan progesteron, yang merupakan komponen utama dalam pembuatan kontrasepsi oral atau suntik KB, erat kaitannya dengan peningkatan produksi zat ini. Kedua hormon ini juga dapat dibuat oleh tubuh secara alami dan seringkali meningkat selama masa kehamilan. Itu sebabnya flek hitam lebih umum pada wanita hamil. Sebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah yang disebabkan oleh kemoterapi (KB), periksa apakah benar bahwa kemoterapi dapat menghilangkan flek hitam di wajah.

Apakah flek hitam karena KB bisa hilang? 

Produksi hormon estrogen dan progesteron sering dikaitkan dengan kondisi munculnya flek hitam pada wajah wanita hamil. Faktanya, flek hitam lebih umum pada wanita, terutama mereka yang mengonsumsi pil KB, menjalani terapi penggantian hormon, dan sedang hamil.

Flek hitam dianggap tidak berbahaya, meskipun terkadang menyerupai tahi lalat atau benjolan kecil yang biasanya dikaitkan dengan kanker kulit. Namun, flek hitam yang disebabkan oleh kemoterapi dapat diatasi secara alami dengan menggunakan cuka sari apel, susu atau yoghurt, teh hijau, dan lidah buaya.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB

Flek hitam di wajah juga bisa dihilangkan dengan lebih cepat. Tentunya hal ini dilakukan dengan perawatan atau penanganan medis. Jadi, bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat?

  1. Pakai sunscreen

Paparan sinar matahari dapat memperburuk flek hitam di wajah. Oleh karena itu, kamu  harus membatasi paparan sinar matahari secara langsung. Kamu bisa mengoleskan sunscreen ke wajah dan leher setiap hari. Selain itu, kenakan topi dan kacamata saat keluar rumah.

Cobalah untuk tetap berada di tempat teduh saat kamu berada di luar dan hari sedang panas.  Selain itu, pilihlah pakaian yang ringan dan longgar yang dapat melindungi bahu dan dada saat kamu bepergian ke luar rumah.

  1. Perawatan vitamin C

Ada perawatan yang bisa kamu terapkan pada wajah untuk mencerahkan flek hitam, yaitu perawatan vitamin C. Penelitian menemukan bahwa vitamin C adalah pengobatan jangka pendek yang efektif untuk flek hitam. Kamu bahkan dapat menemukan serum vitamin C di apotek atau online.

Namun, untuk hasil terbaik, kamu dapat mendiskusikan pengobatannya dengan dokter kulit.

  1. Perawatan mikrodermabrasi

Pada beberapa kasus, resep dan obat topikal yang dijual bebas mungkin tidak efektif dalam mengobati flek hitam di wajah. Karena itu, ada beberapa perawatan lain yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah mikrodermabrasi. Perawatan ini menggunakan aplikator khusus untuk mengelupas epidermis dengan cara yang tidak kasar. Teknik ini dapat meremajakan kulit dan mengurangi flek hitam di wajah.

  1. Konsultasi dengan dokter kulit

Jika kamu mengalami flek hitam di wajah, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memeriksanya. Dokter kulit dapat melihat apa penyebab flek hitam yang kamu alami sehingga kamu bisa mendapatkan pengobatan yang lebih efektif. Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi bertanya-tanya mengapa kamu kerap mengalami flek hitam, terutama saat menjalani program KB.

Ini karena adanya perubahan hormon di tubuh. Jika kamu ingin menghilangkan flek hitam ini, kamu bisa segera menerapkan beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah akibat KB seperti yang sudah dijelaskan di atas yaa!