Tips Menanggapi Orang Curhat Dengan Baik dan Benar

Semua orang pasti membutuhkan seseorang yang dapat mereka ceritakan banyak hal, termasuk masalah mereka. Bagaimana jika sebaliknya terjadi? Anda sering menjadi tempat orang berbicara? Bagaimana cara orang curhat yang baik bertindak? Jangan hanya bilang “sabar” terus-menerus; pelajari lebih banyak cara untuk menanggapi orang yang berbicara dengan baik!

Bagaimana cara menanggapi orang curhat?

Anda benar-benar harus bersyukur jika ada orang yang memilih Anda sebagai tempat untuk menyampaikan semua perasaannya. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah pendengar yang baik dan dapat dipercaya. Banyak orang masih belum tahu cara menanggapi curhat.

Jika Anda adalah salah satu dari banyak orang yang hanya menanggapi curhatan orang lain dengan ucapan “sabar” atau “semangat”, sekarang waktunya untuk mengubah kebiasaan itu. Anda dapat mengikuti beberapa cara untuk menanggapi orang yang berbicara:

  1. Tanyakan yang bisa kamu bantu

Saat temanmu menceritakan berbagai masalah yang sedang dihadapinya, tahan diri untuk memberikan saran. Dengarkanlah ceritanya sampai selesai, lalu tanyakan hal yang dibutuhkannya saat ini. Kamu bisa bertanya, “Lagi mau didengarkan saja?” atau “Aku bisa bantu apa?”.

  1. Berempati pada masalahnya

Kamu bisa mencoba memposisikan diri kamu seperti teman kamu yang sedang menghadapi masalah. Cara ini bisa menumbuhkan rasa empati yang lebih dalam sehingga teman kamu bisa merasakan kepedulianmu. Kamu bisa mengatakan, “Kalau aku jadi kamu, mungkin aku melakukan hal yang sama”.

  1. Tunjukkan dukunganmu

Jika teman kamu curhat dan hanya ingin didengarkan, maka kamu wajib mendengarkan ceritanya sampai selesai. Kamu bisa memperlihatkan dan menunjukkan dukunganmu dengan berkata, “Kalau kamu butuh bantuan, aku bisa membantu semampuku”. Hal ini tentunya akan membuat temanmu merasa lebih tenang.

  1. Berikan apresiasi

Tidak semua orang dengan mudah bisa curhat atau berbagi cerita dengan orang lain. Ketika ada teman yang bersedia curhat denganmu dan menceritakan masalahnya, kamu bisa memberikan apresiasi terhadapnya dengan berkata, “Terima kasih sudah mempercayakanku sebagai tempat bercerita keluh kesahmu”.

  1. Menjaga rahasia

Ketika ada seseorang yang menceritakan masalahnya padamu, itu berarti orang tersebut mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadapmu. Kamu perlu menjaga rahasia orang tersebut dengan baik. Usahakan untuk tidak membeberkan semua hal yang temanmu ceritakan ke orang lain.

  1. Menerima dengan lapang ketika nasihat kamu tidak didengar

Nasihat yang kamu berikan kepada teman yang sedang curhat menurut kamu mungkin baik, tetapi belum tentu bagi temanmu. Ketika kamu memberikan nasihat tapi nasihat atau saran tersebut tidak diterima atau dijalankan, kamu harus menerimanya dengan lapang dada.

Apa yang harus dihindari saat teman curhat?

Selain menerapkan cara menanggapi orang curhat di atas, ternyata ada juga beberapa hal yang perlu kamu hindari saat teman kamu sedang curhat atau bercerita tentang masalahnya. Lalu, apa saja yang harus dihindari saat teman curhat?

Berikut hal atau sikap yang harus dihindari saat teman curhat ke kamu:

  1. Tidak mendengarkan ceritanya dan memperhatikannya dengan baik
  2. Sering memotong pembicaraan dan tidak mendengarkan curhatannya sampai selesai
  3. Terlalu cepat menilai masalah yang dihadapinya
  4. Tidak menunjukan rasa empati setelah mendengarkan ceritanya
  5. Memberikan nasihat yang tidak perlu
  6. Mengucapkan kalimat yang seharusnya tidak diucapkan, seperti “Masih banyak orang yang lebih parah masalahnya daripada kamu”

Ada rasa bangga tersendiri tentunya ketika banyak orang yang menjadikanmu sebagai tempat curhat. Jika kamu mengikuti cara menanggapi orang curhat dan menghindari hal-hal yang di atas, maka hubungan pertemananmu dengan orang lain akan berjalan dengan baik dan terhindar dari banyak masalah.