Tips Yang Perlu Di Perhatikan Untuk Pasangan Agar Cepat Punya Anak

Kehamilan merupakan hal yang dinantikan oleh banyak pasangan. Namun, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi proses kehamilan seseorang, sehingga waktu terjadinya kehamilan pada setiap wanita bisa berbeda. Yoona punya beberapa tips agar cepat hamil yang dapat dilakukan pasangan, berikut ulasannya.

Tips agar cepat hamil

Bagi pasangan yang sedang program hamil, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kemungkinan kehamilan. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Berhenti merokok

Merokok diketahui dapat berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita dan pria. Selain itu, merokok juga dapat membahayakan janin pada wanita yang sedang hamil. Ini sebabnya menghentikan kebiasaan merokok sangat disarankan,

  1. Olahraga

Tubuh yang bugar juga dapat meningkatkan kesuburan. Jika tidak terbiasa melakukan olahraga, cobalah untuk melakukan olahraga ringan dengan pasangan seperti lari atau melakukan senam dan beberapa olahraga ringan lainnya.

Namun, tidak disarankan untuk olahraga secara berlebihan. Pasalnya ini dapat mengganggu siklus menstruasi wanita yang berdampak buruk pada kesuburan.

  1. Konsumsi makan sehat

Makanan memiliki peran yang sangat penting bagi kesuburan. Diet sehat dan seimbang dapat membantu meningkatkan peluang untuk hamil. Pilih makanan yang baik untuk kesuburan wanita dan pria.

  1. Hindari stres

Merasa stres adalah hal yang sangat normal. Namun, stres berkepanjangan baik pada pria maupun wanita dapat menyebabkan sulit hamil. Jadi, cobalah untuk mengurangi stres tersebut dengan melakukan kegiatan yang disukai, liburan, meditasi atau hal-hal lain yang dapat membantu mengurangi stres tersebut.

  1. Tidak mengkonsumsi alkohol

Minuman beralkohol juga dikaitkan dengan penurunan kesuburan pria. Hindari mengkonsumsi alkohol jika kamu dan pasangan sedang program hamil. Selain itu, alkohol juga dapat berakibat buruk untuk wanita hamil.

  1. Lakukan hal menyenangkan bersama pasangan

Tips agar cepat hamil selanjutnya adalah melakukan hal menyenangkan dengan pasangan, misalnya liburan. Kegiatan ini dapat mengurangi stres dan dapat menjalin ikatan yang lebih dalam dengan pasangan. Ini akan membantu meningkatkan peluang kehamilan.

  1. Lakukan hubungan seks yang teratur

Saat merencanakan kehamilan, seks adalah hal yang paling penting. Disarankan untuk melakukan hubungan seks ketika ovulasi. Namun, beberapa wanita mungkin tidak tahu pasti kapan waktu ovulasi tersebut. Melakukan seks secara tutin minimal setiap 2-3 kali sebulan mungkin dapat meningkatkan peluang kehamilan yang lebih besar.

Vitamin agar cepat hamil

Selain beberapa tips agar cepat hamil di atas, mengkonsumsi vitamin prenatal juga dapat membantu ibu untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Namun, mengkonsumsi vitamin ini bukan hanya dilakukan saat hamil, tapi sebelum kehamilan terjadi. Vitamin ibu hamil yang tepat dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan dengan meningkatkan kualitas telur hingga sperma.

Berikut beberapa vitamin yang baik untuk wanita:

  1. Asam folat

Asam folat berguna untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi. Namun, manfaat lain dari asam folat adalah membantu meningkatkan kesuburan. Untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan dapat mengkonsumsi 1 mg asam folat setiap hari.

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah nutrisi yang penting untuk ovarium sekaligus antioksidan yang baik sebagai anti penuaan. Memenuhi kebutuhan vitamin E setiap harinya daoat membantu meningkatkan kualitas sel telur yang dapat meningkatkan peluang kehamilan.

  1. Vitamin D

Cara untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah dari sinar matahari dan makanan. Vitamin D memiliki peran penting untuk hormon yang sehat dan menciptakan siklus menstruasi wanita selama kehamilan.

  1. Minyak ikan

Minyak ikan baik untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dan meningkatkan kualitas sel telur yang penting untuk pembuahan.

  1. Koenzim Q10 (CoQ10)

Coq10 adalah senyawa alami yang telah terbukti dapat meningkatkan kesuburan, terutama bagi wanita di atas 40 tahun. Manfaatnya adalah mengoptimalkan kualitas telur hingga menebalkan lapisan rahim. Dosis yang direkomendasikan untuk vitamin ini bervariasi dari 150mg hingga 600 mg setiap hari.

  1. Selenium

Selenium merupakan vitamin kesuburan dan kehamilan yang penting. Vitamin ini dapat membantu mempromosikan folikel rahim yang sehat, di mana telur dikembangkan dan dilepaskan.Bahkan, kekurangan selenium pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, keguguran dan dapat merusak sistem saraf janin yang sedang berkembang.

Selain wanita, pria juga membutuhkan asupan vitamin yang cukup untuk meningkatkan kesuburannya. Berikut beberapa vitamin kesuburan untuk pria:

  1. Asam folat

Mengkonsumsi asam folat bagi pria juga penting untuk meningkatkan kualitas sperma sehingga peluang kehamilan dapat lebih tinggi.

  1. CoQ10

Vitamin kesuburan ini juga baik untuk pria dan wanita yang mencoba untuk hamil. Studi menunjukkan CoQ10 meningkatkan jumlah sperma. Asupan CoQ10 yang disarankan untuk pria adalah  200 mg CoQ10 dua kali sehari untuk meningkatkan kualitas air mani.

  1. Selenium

Antioksidan pada selenium juga dapat meningkatkan kualitas sperma. Satu studi menunjukkan bahwa pria yang sebelumnya tidak subur yang menggunakan rejimen selenium dan vitamin E ternyata mengalami peningkatan motilitas sperma dan tingkat pembuahan yang jauh lebih tinggi.

  1. Seng

Pria dengan kadar seng rendah terbukti memiliki jumlah dan kualitas sperma yang buruk. Studi juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 66 mg seng setiap hari bersama dengan 5 mg asam folat dapat meningkatkan jumlah sperma secara signifikan.

  1. Minyak ikan

Asam lemak omega 3 dalam minyak ikan menjadikannya vitamin kesuburan yang bagus untuk pria. Marut mengatakan calon ayah harus mengonsumsi 200 mg dua kali sehari untuk meningkatkan kualitas air mani.

Cara cepat hamil setelah keguguran

Jika kamu pernah mengalami keguguran sebelumnya dan sudah siap untuk memiliki anak kembali, ada beberapa tips agar cepat hamil setelah keguguran, yakni:

  1. Mengatasi masalah kesehatan yang mendasarinya

Lakukan pemeriksaan kesehatan yang dapat berpengaruh pada kandungan misalnya, tekanan darah tinggi, diabetes, dan masalah tiroid hingga penyakit menular seksual dapat mempersulit kehamilan.

  1. Capai berat badan yang sehat

Kekurangan maupun kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan risiko keguguran. Konsultasikan dengan dokter untuk membicarakan diet sehat yang tepat.

  1. Kelola stres

Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan lebih sulit hamil. Jika kamu merasa tertekan dan cemas cobalah untuk lebih bersantai. Kamu juga bisa berolahraga, meditasi atau yoga yang dapat membantu mengurangi tingkat stres tersebut.

  1. Perhatikan asupan kafein dan alkohol

Asupan kafein yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran. Kamu juga disarankan untuk menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol karena berdampak negatif pada kesuburan dan dapat menyebabkan keguguran.